Ikan Lencam

Ikan Lencam

Ikan Lencam

Ikan Lencam (Lethrinidae) adalah Ikan laut yang termasuk dalam famili Lethrinidae yang dikenal dengan sebutan ikan emperor. Ikan ini merupakan kelompok ikan target nelayan yang dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi. Nama lain ikan ini diberbagai daerah di Indonesia adalah ikan asual, asuan, gotila, gopo, ketamba Lencam, mata hari, ramin dan sikuda.

Deskripsi

Warna tubuhnya bervariasi antara jenis, tetapi ada beberapa jenis dapat berubah dengan cepat. Bentuknya hampir mirip dengan lutjanidae, tapi memiliki kepala agak runcing. Panjangnya dapat mencapai 1 meter. Ikan ini merupakan karnivora dengan memakan bermacam hewan pada pasir dan patahan karang (rubbel). Jenis ini sering ditemukan pada pasir dan patahan karang (rubbel). Daerah persebaran Ikan lencam di perairan dangkal Indo-Pasifik.

Ikan Lencam (Lethrinidae) adalah Ikan laut yang termasuk dalam famili Lethrinidae yang dikenal dengan sebutan ikan emperor. Ikan ini merupakan kelompok ikan target nelayan yang dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi. Nama lain ikan ini diberbagai daerah diIndonesia adalah ikan asual, asuan, gotila, gopo, ketamba Lencam, mata hari, ramin dan sikuda.

Klasifikasi ikan lencam adalah sebagai berikut :
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : Pisces
Subkelas : Teleostei
Ordo : Percimorphi
Subordo : Perciodea
Family : Lethrinidae
Genus : Lethrinus
Spesies : Lethrinus lentjan (Lacepede, 1802)
Nama umum : Pink ear emperor
Nama lokal : Drapapa (Pulau Panggang), Butila (Halmahera), Sikuda

Ikan lencam (Lethrinus lentjan) merupakan salah satu ikan famili Lethrinidae yang termasuk dalam sepuluh famili utama ikan karang penyumbang produksi perikanan karang di Great Barrier Reef.

Perairan Indonesia, khususnya Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah penyebaran ikan lencam. Produksi ikan lencam di Kepulauan Seribu bukanlah produksi utama namun tetap sebagai ikan target nelayan.

Penyebaran dan Habitat

Daerah penyebaran ikan lencam adalah perairan pantai seluruh Indonesia, meluas dari wilayah utara sampai ke Teluk Benggala, Teluk Siam, sepanjang pantai Laut Cina Selatan, ke selatan sampai ke perairan tropis Australia, ke barat sampai ke Afrika Selatan, bahkan di perairan tropis Atlantik Amerika. Salah satu daerah sebaran populasi ikan lencam di Indonesia adalah Kepulauan Seribu.

Habitat ikan lencam umumnya di daerah terumbu karang, lamun, mangrove, di perairan pantai yang dangkal dengan dasar berpasir hingga perairan dengan kedalaman 50 meter. Biasanya menempati daerah laguna dan dekat terumbu karang. Juvenil dan anak-anak biasa ditemukan di padang lamun, mangrove dan gosong pasir, saat dewasa umumnya soliter dan mencari perairan yang lebih dalam.

Ikan lencam adalah karnivor bottom feeders. Secara umum, ikan lencam memangsa krustasea (kepiting, udang), moluska (gastropoda, bivalvia, nudribranch, cumi-cumi dan gurita kecil), echinodermata (sea urchins, bintang dolar, bintang laut, brittlestar), polychaeta, dan ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>