African Brown Knife Fish

African Brown Knife Fish (Xenomystus Nigri) atau African Knife Fish merupakan ikan yang berasal dari afrika dan ditemukan di sungai-sungai seperti sungai Kongo, Nil dan beberapa sungai yang menyebar di Kamerun, Liberia, Togo dan beberapa wilayah lain. Ikan ini bersifat nocturnal dan dapat tumbuh hingga 30 cm.

Secara fisik, ikan ini bertubuh tipis dan memanjang sehingga menyerupai pisau dan mempunyai sirip dada yang menyatu dengan sirip anal dan memanjang dari bawah insang sampai tubuh belakang bagian akhir (ekor). Xenomystus Nigri tidak mempunyai sirip punggung, serta memiliki mata keemasan dan mulut yang cukup lebar.

TAKSONOMI
Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Class Actinopterygii
Order Osteoglossiformes
Family Notopteridae
genus Xenomystus
Species Xenomystus nigri

 

Dari segi warna yakni kecoklatan, ikan ini mungkin kurang menarik, namun bentuk tubuh dan kemampuan personalnya akan menambah sisi positif ikan ini. Xenomystus Nigri mampu berenang maju dan mundur, selain itu juga dapat menghasilkan suara menyalak saat bercumbu dengan lawan jenis. Xenomystus Nigri merupakan predator yang suka memburu ikan–ikan kecil, cacing, udang, siput dan serangga.

Sewaktu muda, ikan ini akan berkelompok dalam jumlah kecil, namun seiring bertambahnya usia keagresifan akan muncul bahkan dengan jenisnya sendiri. Xenomystus Nigri sangat sensitif terhadap kualitas air, dan di alam ditemukan hidup pada kondisi pH 6–8 dan suhu 23-28°C. Perbedaan jenis kelamin sangat sulit diketahui, kecuali pada saat membawa telur makan betina akan kelihatan lebih gemuk.

Breeding belum bisa dilakukan secara skala aquarium namun diketahui bahwa betina akan meletakkan sekitar 150–200 telur tiap diameter 2 mm dilubang atau celah, dan jantan akan menjaga telur sampai menetas yakni sekitar 6–9 hari. (zafact)