African Freshwater Pipefish

African Freshwater Pipefish adalah sejenis ikan pipefish atau tangkur pipa yang berasal dari Afrika Barat, terutama di Gabon, Kamerun, Guinea Khatulistiwa. Berbeda dengan jenis tangkur pipa lainnya yang hidup di laut, ikan ini hidup di air tawar. Habitatnya berada di sungai-sungai yang penuh dengan vegetasi.

Ukuran rata-rata ikan ini adalah 15 cm. African Freshwater Pipefish memiliki bentuk tubuh memanjang seperti ular yang dibungkus oleh rangkaian tulang berbentuk cincin. Mulutnya kecil dan berbentuk seperti tabung. Tubuhnya berwarna coklat berbintik-bintik pada bagian atas serta pada bagian perut berwarna merah. Ikan ini juga memiliki sirip ekor yang berbentuk kipas dan sirip anal yang sangat kecil.

fishypedia1Akuarium yang digunakan untuk memelihara ikan ini adalah akuarium yang berukuran minimal 90 cm/berkapasitas 132-170 liter. Pada akuarium harus terdapat pasir dan harus mendapatkan sinar matahari pagi. Tanaman air yang digunakan adalah tanaman air yang mampu menolerir kondisi air yang sedikit payau. Kondisi air didalam akuarium harus baik.

Ikan ini dapat dipelihara bersama ikan yang berkarakter tenang dan tidak bersaing dalam hal makanan, misalkan pipefish lain, lele synodontis, molly, atau ikan sebelah air tawar. Kondisi air yang dibutuhkan : pH 7-8 temperatur air 24-28°C. Karena ikan ini juga hidup di daerah payau maka penambahan garam kedalam akuarium dianjurkan. Tambahkan 0,5 % garam dari total volume air akuarium. Pakan yang dapat diberikan adalah pakan hidup yang berukuran kecil seperti krustasea, kutu air, dan cacing darah.

Cara makan ikan ini juga bisa dibilang unik, mangsa akan disedot ke dalam mulutnya berbentuk pipa oleh vakum yang tercipta akibat penutupan mulut dan insang secara simultan. African Freshwater Pipefish adalah ikan yang rentan terhadap perubahan kondisi air dan penyakit. Karena itu, kondisi air harus dalam keadaan yang baik dan wajib diganti secara berkala. Juga, ikan ini lebih baik dipelihara dalam akuarium spesies meskipun sebenarnya dapat dipelihara dalam akuarium komunitas.