African Pike Characin (Hepsetus odoe)

African Pike Characin (Hepsetus odoe) Merupakan ikan pancingan populer di habitatnya. Ikan ini dapat berukuran besar, jadi sediakan akuarium besar untuk menampungnya. Di Indonesia harga ikan ini cukup mahal. Per ekornya bisa dihargai sekitar Rp 350.000,-.  African Pike Characin merupakan Famili dari Hepsetidae (Characiformes)

Distribusi & Habitat

Tersebar luas di seluruh benua Afrika, meliputi Guinea, Guinea-Bissau, Senegal, Togo, Sierra Leone, Ghana, Pantai Gading, Niger, Kamerun, Nigeria, Benin, Republik Afrika Tengah, Gambia, Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Chad, Liberia, Zambia, Angola, Namibia, Botswana dan Zimbabwe. Habitat yang dihuni pun beragam, mulai dari pesisir laguna, sungai, danau, dan rawa. Ikan dewasa biasanya tinggal di perairan yang lebih dalam.

Ukuran

70 cm, meskipun biasanya di akuarium berukuran lebih kecil.

Set-up Akuarium

Gunakan potongan kayu dan batu halus, serta banyak tanaman air. Penggunaan tanaman mengambang juga dianjurkan. Karena ikan ini menghasilkan banyak limbah, maka sistem filtrasi harus berfungsi dengan baik. Hampir semua ikan characin besar adalah pelompat yang baik, maka jangan lupa sediakan penutup akuarium.

Pakan 

Pemakan ikan di habitatnya, namun kebanyakan ikan ini bisa dilatih untuk memakan pakan pabrikan. Tidak semuanya, walaupun. Beberapa diantaranya sulit sekali untuk dipisah dengan pakan hidup. Berikan ikan kecil, udang, kerang dan bloodworm sebagai pakannya.

Kondisi air

pH : 6-7,5 dan temperatur : 25-28 °C.

Kompabilitas 

Pendamai terhadap ikan lainnya yang berukuran besar, meskipun jangan memeliharanya bersama cichlid yang teritorial. Cocok untuk dipelihara bersama bichir (Polypterus sp.), african tigerfish, synodontis, dan sebagainya. Bila ingin memeliharanya lebih dari satu, usahakan untuk membeli ikan yang berukuran sama sebab ikan yang lebih kecil akan diganggu terus hingga mati. (uniquefishprofiles)