Amberjack

Amberjack dikenal dalam dua jenis yakni Greater Amberjack (Amberjack berukuran besar) dan Lesser Amberjack (amberjack berukuran lebih kecil). Dilihat dari bentuknya, jenis ikan yang masih dari family carangidae ini mirip seperti ikan kuwe (ada juga yang menyebutnya ikan kuwe batu).

Greater Amberjack (seriola dumerili), merupakan ikan jenis The Jack berukuran besar. Umumnya memiliki sirip berwarna gelap memanjang dari hidung hingga dibagian sirip depan. dengan bobot hingga mencapai sekitar 20 kg atau kurang, kerap ditemukan didaerah karang berbatu hingga kedalaman 20 hingga 75 meter dalam laut.

Lesser Amberjack (seriola fasciata), memiliki proporsi mata yang lebih besar serta badan yang lebih tipis dibandingkan dengan Greater Amberjack. Berwarna hijau olive atau hitam kecoklatan dengan warna keperakan disisi bagian samping dan biasanya memiliki warna gelap kearah bagian atas. Lesser Amberjack dewas umumnya memilik bobot dibawah 5 kilogram. Banyak ditemukan pada kedalaman 50 hingga 130 meter, lebih dalam posisinya dari pada Greater Amberjack.

Karakteristik Amberjack
Amberjack merupakan ikan pemangsa (predator) yang memakan cumi-cumi, ikan dan bahkan satwa air berkulit atau bercangkang keras. Amberjack muda bisa ditangkap pada kedalaman air 7-8 meter dekat dengan benda- benda yang mengapung. Amberjack dan selutuh familia Jack hanya ditemui diseluruh lautberiklim tropis dan subtropis dengan temperatur 18-27 derajat celcius, dengan sebanyak 140 individual species yang telah di identifikasi hingga kini. Jenis ikan ini sering berkelana bersama rombongan besar serta merupakan salah satu jenis ikan penjelajah sembari mencari mangsanya. Amberjack memiliki kisaran ukuran mulai 25 cm dengan bobot sekitar 0,5 kg sampai memiliki panjang hingga 1,80 meter dengan bobot mencapai 45 kilogram.

Amberjack merupakan ikan pelagis (seriola dumerili) dan bentopelagis (seriola fasciata) yang banyak ditemukan diseluruh perairan laut Meksiko hingga kedalaman 140 meter. Menurut laporan, panjang maksimum yang diperoleh hingga 1,5 meter, namun umumnya banyak ditemukan dengan panjang 60 cm. Perlu diketahui, rekor dunia ikan amberjack yang pernah ditangkap tahun 2004 di Perairan Meksiko dengan bobot 47 kilogram.

Amberjack di Mata Kalangan Pemancing
Amberjack merupakan salah satu jenis ikan target bagi para mania mancing dikarenakan kekuatannya saat menyambar umpan serta fight melawan kekuatan piranti mancing. Lokasi favorit amberjack berada di kawasan pengeboran minyak (rig) dan juga kapal karam. Umpan artifisial (buatan) untuk memancing amberjack bisa menggunakan jenis umpan jig berukuran besar. Saat jigging dengan target amberjack, usahakan agar menjaga gerakan aksi jig dengan cepat, dikarenakan amberjack tidak suka menyambar umpan (buatan) yang bergerak pelan.

Jika ingin menangkap amberjack dengan menggunakan piranti ringan (light tackle) chum terlebih dahulu disekitar kapal/perahu, hal ini dilakukan agar senar tidak terulur banyak keluar dari spool. Metode terbaik untuk memancing dikawasan rig, adalah dengan menempatkan umpan berekor dengan pancing kemudian masukkan kedalam air.
Selamat mencoba, mudah-mudahan sukses fight strike dengan amberjack.

(Berbagai sumber)