Angelfish Griffis

Angelfish Griffis (Apolemichthys griffisi) ditemukan dalam kisaran terbatas di Indo Pasifik Barat. Habitat Angelfish Griffis karang yang khas dan mendalam pada lereng atau dinding. Meskipun tidak terlalu mencolok dalam warna, Angelfish Griffis mempunyai pola yang unik dan mencolok dari tanda-tanda. Hal yang paling cocok untuk akuarium besar tanpa cnidaria atau spons yang dapat menggoda Angelfish Griffis untuk menggigit.

Angelfish Griffis sering di temukan di lereng terumbu karang dan drop-0ff tajam. Mereka sering hidup berpasangan secara soliter atau didalam kelompok kecil dan tidak bermigrasi. Ikan angel griffis hidup di kedalaman 15m hingga 100m, idealnya biasanya di temui di kedalaman 40m sampai 60m dibawah permukaan laut.

Spesies ini masih merupakan ikan langka, Angelfish Griffis adalah hewan peliharaan untuk aquarium khusus yang hargnya cukup tinggi. Sebuah lingkungan terumbu sebenarnya ideal untuk mereka, tapi itu dapat merusak beberapa spesies karang berbatu dan lembut. Meskipun itu akan menjadi tambahan yang bagus untuk semua jenis akuarium.

Apolemichthys griffisi
Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Pomacanthidae
Genus: Apolemichthys
Species: A. griffisi
Binomial name
Apolemichthys griffisi
(Carlson & Taylor, 1981)

The Griffis Angelfish dewasa berwarna putih keabu-abuan dengan garis hitam miring mulai dari kepala dan berakhir pada sisi bawah pangkal ekor, dan memiliki bandan lain putih. Banyak titik-titik hitam halus di kepala, ada lagi titik hitam kecil di atas dasar dada-sirip. Sirip punggung sebagian besar hitam dengan area keputihan pada bagian anterior, sirip anal putih keabu-abuan, dan sirip perut yang keputihan.

Griffis Angelfish mempunyai waktu berkembang biak antara usia 1,4 tahun hingga 4,4 tahun. Makanan utama Griffis Angelfish adalah spons dan tunicate. Sungguh menyenangkan bila ikan hias Griffis Angelfish yang kita pelihara di dalam akuarium air laut mau memakan makanan buatan seperti pelet ikan.

(Zonaikan)