Antennebaarsje

Antennebaarsje (Microgeophagus ramirezi) adalah ikan tropis yang berfungsi sebagai ikan akuarium. Ikan ini termasuk keluarga Cichlidae (cichlids). Ikan ini memiliki genus Apistogramma dan Papiliochromis, nama ini juga ditulis sebagai rogeophagus MIC, yang dalam literatur ilmiah nama-nama yang berbeda digunakan. Dalam perdagangan, ia terkadang dengan nama ” ikan burung kakaktua “, yang merupakan ikan utuh lainnya. Awalnya berasal dari antennebaarsje Amerika Selatan : Venezuela dan Kolombia, tinggal di air jernih.

Deskripsi

Ikan betinanya  berukuran kurang lebih 5 cm, Jantan hingga 7 cm. Jantan diperpanjang oleh beberapa duri di bagian depan sirip punggung, betina di musim reproduksi dikenali oleh ovipositor. Ini adalah ikan berwarna-warni yang dalam bahasa lain disebut vlindercichlide. Bagian belakang tubuh berwarna abu-abu atau biru dengan bintik-bintik biru cerah pada sirip, dan kepala kuning ke depan dengan warna oranye. Dengan mata bergaris biru vertikal.

Budidaya

Antennebaarsje tidak membutuhkan kualitas air yang tinggi. Spesies ini sangat tenang, banyak tumbuh di tangki ikan peliharaan. Massa pemuliaan spesies ini di penangkaran memiliki dampak negatif pada ukuran dan warna cerah, tetapi impor spesimen liar tertangkap membawa perbaikan. Termasuk di Asia, ikan tersebut tumbuh secara komersial, seperti pada spesies lain yang sering ditambahkan zat berwarna cerah untuk meningkatkan warna.

Klasifikasi ilmiah
Kekaisaran : Animalia (Hewan)
Suku : Chordata (chordate)
Kelas : Ikan bertulan (ray)
Orde : Perciformes (bertengger)
Keluarga : Cichlidae (Cichlidae)
Gender : Microgeophagus
Fitur
Ukuran 5-7 cm
Suhu air 23-26 º C
pH 6-7
DH 4-12 º
Minimum ukuran akuarium 70 cm

Habitat

Dwarfcichlids ini dapat disimpan dalam tangki kecil, minimal 70 cm cukup untuk beberapa ikan, dengan syarat ada cukup tempat penampungan dalam bentuk kayu atau batu. Ikan ini hidup pada arus lemah di dalam air. Suhu air harus berada antara 23 dan 26 derajat, kekerasan (DH) antara 4 dan 12 dan keasaman atau pH 6-7. Antennebaarsje biasanya sampai 2-3 tahun. Mereka adalah ikan damai atau tidak agresif. Biasanya ikan ini disimpan sebagai satu pasangan. Mereka juga dapat bekerja sama dengan individu sejenis lainnya disimpan diakuarium, tapi hanya dalam tangki yang cukup besar (lebih besar dari satu meter).

Reproduksi

Jika kondisi alam disimulasikan tepat, ikan relatif mudah untuk bereproduksi. Beberapa ratus telur yang diletakkan di atas batu atau daun, kadang-kadang juga pada lubang. Seperti banyak cichlids tahu antennebaarsje bentuk ekstrem dari perawatan induk, dimana kedua induk untuk berkontribusi. (Zonaikan)