Arapaima

Arapaima, pirarucu, atau paiche (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar raksasa yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan, sungai Amazon.

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Osteoglossiformes
Famili: Osteoglossidae
Upafamili: Heterotidinae
Genus: Arapaima
Spesies: A. gigas
Nama binomial
Arapaima gigas
(Cuvier, 1829)

Ikan Arapaima atau disebut juga Arapaima Gigas. Sekilas ikan Arapaima mirip dengan ikan Arawana, hanya saja ukurannya puluhan kali lipat dari ikan Arawana. Panjang tubuhnya dapat mencapai 4,5 meter (15 feet), dan berat tubuhnya dapat mencapai 225 kg (500 lbs). Tapi saat ini, Arapaima besar seperti ini jarang ditemukan dan arapaima paling dewasa rata-rata berukuran 2 meter. Arapaima memakan ikan kecil, krustasea dan apa pun hewan yang kecil bisa masuk kedalam mulut mereka.

Salah satu ciri menarik dari ikan ini adalah menghirup oksigen dari udara, seperti cetacea, agar bertahan hidup. Arapaimas tidak menimbulkan bahaya bagi manusia dan sering diburu untuk diambil dagingnya, sayangnya Arapaima saat ini sangat langka.

Pada saat air dilingkungan ikan ini menyusut, dan kadar oksigen menurun, arapaima akan menghirup udara langsung dari atomosfer.  Dan apabila air dilingkungannya kering, ia akan menggulungkan diri membentuk bola, dan membenamkan diri dalam lubang sampai air kembali datang.

Arapaima memilki “lidah” sepanjang kurang lebih  15 cm pada saat dewasa dan betulang, permukaannya kasar dan sering digunakan oleh penduduk setempat sabagai “amplas” atau kikir untuk menghaluskan permukaan kayu.

Beruntunglah meskipun ikan Arapaima berukuran raksasa, namun ikan ini tidak berbahaya bagi manusia. Justru Arapaiman banyak menjadi korban penangkapan manusia, baik untuk dimakan maupun untuk dikoleksi sebagai ikan penghias akuarium.

Arapaima dapat ditemui di sungai Amazon di wilayah Brazil, dan juga di wilayah Asia di sekitar Thailand dan Vietnam, seperti sungai Mekong, mereka biasanya hidup di perairan yang dangkal dan agak berlumpur. Betinanya menyimpan telurnya didalam mulutnya hingga menetas menjadi larva ikan kecil.

Setelah menetas Arapaima membutuhkan waktu seminggu untuk dilepas dan berenang bebas. Mereka akan mencapai kedewasaan penuh pada usia 5 tahun. Arapaima dapat hidup hingga 30 tahun. Arapaima termasuk jenis predator, mereka hidup dari memangsa ikan-ikan yang lebih.

National Geographic dan Animal Planet menempatkan Arapaima sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. (Berbagai Sumber)

.