Armoured Stickleback

Armoured Stickleback (Indostomus paradoxus) akan menampilkan perilakunya yang menarik bila dipelihara secara berkelompok. Merupakan Famili dari Indostomidae (Gasterosteiformes). Memiliki ukuran rata-rata 3 cm.

Distribusi dan Habitat
Myanmar. Awalnya ikan ini ditemukan di danau Indawgyi, negara bagian Kachin, Myanmar bagian utara. Kemudian ikan ini kembali ditemukan di salah satu anak sungai Irrawaddy dekat ibukota negara bagian Myitkyina. Baru-baru ini, pada bulan Maret tahun 2003, ikan ini kembali ditemukan di sebuah kolam di dekat kota Einme, wilayah delta sungai Irrawaddy yang terletak jauh di selatan Myanmar.

Set-up Akuarium
Set-up akuarium yang digunakan adalah akuarium bertanaman air atau aquascape. Gunakan substrat yang lunak meskipun kerikil halus juga dapat digunakan. Kayu driftwood, tanaman mengambang, dan dedaunan kering dapat ditambahkan untuk menciptakan kondisi sesuai dengan habitat aslinya atau membuatnya tampak lebih alami. Serta, juga berguna untuk mengurangi masuknya cahaya yang berlebihan dengan adanya tanaman mengambang. Penambahan pipa plastik juga diperlukan, berguna sebagai tempat persembunyian sekaligus juga sebagai tempat pemijahan.

Pakan
Pakan hidup yang kecil, seperti artemia, bloodworm, daphnia, naupili, dan sebagainya. Sejauh yang diketahui, stickleback ini tidak mau diberi pakan beku atau kering.

Kondisi air
pH : 6,5-7,5 dan temperatur air : 22-27°C

Kompabilitas
Berhubung ikan ini adalah ikan yang lemah, maka peliharalah bersama spesiesnya sendiri atau bersama ikan kecil lainnya yang pendamai, seperti barb, badis, danio, dll. Ikan yang berukuran lebih besar akan dengan mudah menganggap ikan ini sebagai sasaran empuk.

Sember : uniquefishprofiles