• -6.153636, 106.792756

Arwana Asia

Arwana Asia

Arwana Asia

Arwana Asia (Scleropages formosus), adalah salah satu spesies ikan  air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut “Ikan Naga” karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa. Kelebihan ikan arwana terletak pada setiap jengkal tubuhnya. Mulai dari sisiknya, mata, sungut depan, sirip hingga ekornya.

Ikan arwana atau Arwana Asia (Scleropages formosus) adalah salah satu ikan paling favorit di dunia. Dengan ketahanan fisik yang kuat, harga yang mahal dan pecinta yang tersebar dimana-mana, menjadikan arwana menjadi ikan legenda. Arwana termasuk famili ikan “karuhun”, yaitu Osteoglasidae atau famili ikan “bony-tongue” (lidah bertulang), karena bagian dasar mulutnya berupa tulang yang berfungsi sebagai gigi. Arwana memiki berbagai julukan, seperti: Ikan Naga (Dragon Fish), Barramundi, Saratoga, PlaTapad, Kelesa, Siluk, Kayangan, Peyang, Tangkelese, Aruwana, atau Arowana, tergantung dari tempatnya.

Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ada empat varietas warna yang terdapat di lokasi:

  • Warna Hijau : Ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, Malaysia, Arwana hijau merupakan jenis arwana lain yang umum ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, dan juga di beberapa tempat di Indonesia.  Variasi penampakan dan  warna bisa saja ditemukan di masing-masing daerah.  Meskipun demikian secara umum dapat dikatakan bahwa pada umumnya berwarna kelabu kehijauan dangan pola garis-garis berwarna gelap  pada ekor.  Kepala dan mulutnya lebih besar dan lebih membulat dibandingkan dengan jenis arwana asia lainnya.
  • Warna emas dengan ekor merah : Ditemukan di Indonesia, merupakan varietas warna lain yang umum dijumpai disamping merah orange (Orange Red).  Varietas ini merupakan varietas dengan grade paling rendah.  Setelah dewasa warna badannya hanyalah emas kekuningan.  Warna bibir dan sirip tidak semerah Super Red, tetapi berwarna merah muda atau merah jambu.
  • Warna Emas : Ditemukan di Malaysia, Golden varietas cross back merupakan bagian dari varietas arwana golden.  Varietas ini dijumpai diberbagai tempat di Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah dan Johor.  Oleh karena itu, mereka sering diberikan julukan sesuai dengan tempat asalnya, seperti: Golden Pahang, Bukit Merah Blue, Malaysian Gold dll.  Disebut sebagai cross back, karena varietas ini akan memiliki warna emas penuh hingga melewati punggungnya,  pada saat ikan tersebut dewasa. Varietas ini tergolong jarang, sehingga harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan varietas lainnya.  Bahkan boleh dikatakan merupakan varietas dengan harga paling tinggi. Tergantung pada warna dasar sisik, CBG dapat dikelaskan manjadi Purple-Based (warna dasar ungu), Blue-Based (warna dasar biru), Gold Based (warna dasar emas), dan Silver-Based (warna dasar perak).  Arwana Gold dengan warna dasar emas diketahui dapat mencapai warna penuh pada usia lebih muda dibandingkan dengan varietas lain.
  • Warna merah : Ditemukan di Indonesia, Arwana merah merupakan varietas arwana yang berasal dari berbagai tempat di Propinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum.  Kedua tempat ini dikenal sebagai habitat dari Super Red (Chili dan Blood Red).  Warna merah penuh sudah akan  tampak pada sirip ikan muda, pada bibir dan juga sungut.  Menjelang dewasa, warna merah selanjutnya  sudah akan muncul  di  berbagai bagian tubuh lainnya, khusunya pipi (tutup insang) dan pinggiran sisik, sehingga ikan secara keseluruhan sudah akan menunjukkan kesan merah. Pada dasarnya, arwana merah dikelompokkan dalam 4 varietas, yaitu Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas (Golden Red).  Keempat varietas  ini secara umum diberi julukan Super Red atau Merah Grade Pertama (First Grade Red), meskipun demikian dalam perkembangannya super red lebih banyak merujuk pada Merah Cabai dan Merah Darah.  Sedangkan dua varietas terakhir lebih sering di anggap sebagai super red dengan grade lebih rendah.

Ikan arwana juga tidak luput dari komoditi bisnis. Banyak pecinta arwana yang berinvestasi dengan cara membeli arwana ketika masih kecil dan menjualnya ketika sudah besar dengan keuntungan hingga 10X lipat hanya dalam waktu 1 tahun. Apalagi pada dasarnya Arwana adalah ikan yang kuat. Ia tidak memiliki masalah jika tidak diberi makan selama 1 minggu. Bahkan mungkin ikan ini bisa kuat puasa hingga 2 minggu.

Arwana asia ini juga sering dihubung-hubungkan dengan naga, sehingga disebut “Ikan Naga”. Untuk varietasnya sendiri terdiri dari empat warna dengan lokasi yang berbeda. Hijau bisa ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand dan Malaysia. Lalu emas dengan ekor merah dapat ditemui di Indonesia. Sedangkan emas saja, bisa ditemukan di Malaysia. Terakhir warna merah bisa ditemukan di Indonesia.
Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus “terancam punah” oleh IUCN tahun 2004. Jumlah spesies ini yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh masyarakat Asia. Pengikut Feng Shui dapat membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini karena dianggap membawa keberuntungan.

(berbagai sumber)

One thought on “Arwana Asia

  1. jimmy

    Sekedar tambahan Infomasi, Arwana Emas (Golden RED)ada di pedalaman sungai di Sumatera bagian timur dan tenggara. Sedangkan Arwana Merah (Super Red)hanya ada di pedalaman sungai Kapuas di Kalimantan Barat, Tepatnya di daerah Sanggau Kapuas, dan Kapuas Hulu. Kebetulan saya orang kalbar dan dulu juga hobby berburu ikan arwana super red tersebut pada saat di Indonesia baru musim (demam) ikan arwana. thx.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>