Australian Lungfish

Lungfish (ikan berparu-paru) termasuk salah satu ikan purba dari family Ceratodontidae sub class Sarcopterygii atau ikan bersirip tebal. Disebut lungfish dikarenakan kemampuan ikan ini untuk bernafas udara langsung menggunakan organnya yaitu “lung atau paru-paru”. Lungfish ini memang terdiri dari beberapa jenis yaitu yang berasal dari Amerika Selatan, Afrika dan Australia. Dan kali ini yang menjadi pembahasan adalah Australian Lungfish.

Australian Lungfish (Neoceratodus forsteri) atau dikenal juga dengan Queensland Lungfish merupakan salah satu dari enam jenis lungfish yang masih ada saat ini. Ikan ini merupakan satwa asli asal Australia yang ditemukan di tenggara Queensland tepatnya di sungai Mary & Burnett dan waduk Enoggera.

Ciri Fisik

Australian Lungfish dewasa dapat tumbuh mencapai panjang 1,5 meter dengan berat 40 Kg. Ikan ini mempunyai tubuh berwarna hijau sampai coklat pucat pada punggung, samping, sirip dan ekor. Sedangkan sisi bagian bawahnya berwarna kuning pucat. Jenis lungfish dari Australia ini memiliki beberapa perbedaan dibanding jenis lungfish dari Afrika maupun Amerika selatan. perbedaan tersebut antara lain bentuk sirip dada yang lebih lebar, sisik tubuh yang besar dan bentuk tubuh yang bongsor.

Makanan

Australian lungfish bersifat nocturnal dan karnivora, dengan makanan utamanya adalah katak, cacing tanah, ikan kecil dan pellet. Larva ikan merupakan pencari makan dasar dengan memakan crustacea dan cacing tubifex kecil. Ikan ini mempunyai reputasi sebagai ikan yang lambat atau inaktif, biasanya akan pasif sepanjang hari dan akan menjadi aktif pada malam hari.

Breeding

Proses breeding dapat dilakukan saat usia jantan 17 tahun dan betina 22 tahun. Proses bertelur ini terjadi sepanjang hari baik siang maupun malam, dan berlangsung sebelum musim semi dengan ketinggian air kurang dari satu meter. Australian lungfish bertelur dalam pasangan dan telur biasanya diletakkan di akar tanaman ataupun pasir. Tidak ada penjagaan terhadap telur maupun anak ikan. Sekali bertelur, biasanya betina akan bertelur dengan jumlah 200 sampai 600 butir. Telur akan menetas setelah 3 – 4 minggu. Telur dan anak ikan mirip dengan katak dengan pertumbuhan tubuh yang lambat sekitar 27 cm setelah 110 hari.

Australian Lungfish mempunyai usia hidup yang lama sekitar 20 – 25 tahun, bahkan Australian Lungfish di Shedd Aquarium Chicago berusia 80 tahun. Keberadaan Australian Lungfish dilindungi oleh Queensland Fish and Oyster Act 1914 dan penangkapannya di alam bebas dilarang.

Taksonomi

KINGDOM
ANIMALIA
Phylum
Chordata
Class
Sarcopterygii
Order
Ceratodontiformes
Family
Ceratodontidae
Genus
Neoceratodus
Species
Neoceratodus forsteri

 

Sumber : Zafactblogspot