Barracuda

Barracuda adalah ikan dalam kelas Actinopterygii yang dikenal berwujud menyeramkan dan berukuran tubuh besar, yaitu sampai panjang enam kaki dan lebar satu kaki. Tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus.  Yang dikenal untuk ukuran besar dan penampilan menakutkan. Tubuhnya panjang, cukup dikompresi, dan ditutupi dengan kecil, halus skala. Beberapa spesies bisa mencapai hingga 1,8 panjang dan 30 cm lebar. Para barakuda adalah air garam ikan dari genus Sphyraena, hanya genus dalam keluarga Sphyraenidae dan ditemukan di samudera tropis dan subtropis seluruh dunia. Ikan ini dapat ditemukan di samudra tropis dan subtropis di seluruh dunia. Barracuda adalah anggota genus Sphyraena, satu-satunya genus dalam familia Sphyraenidae. Keberadaan ikan barakuda ini sangat tergantung dari keadaan batu koral yang sehat. Jika batu-batu koral tempat barakuda tinggal sudah rusak maka keberadaannya pun terancam.

Ikan jenis barakuda yang tinggal di perairan Karibia ternyata sudah punah. Menurut para ahli kelautan, ikan buas tersebut mengalami kepunahan karena terlalu banyak diambil atau dipancing oleh para nelayan. Kebiasaan memancing para nelayan ternyata tidak ramah lingkungan. Mereka mengambil ikan-ikan di laut tanpa memperhatikan kelestariannya, sehingga membuat keberadaan ikan barakuda tersebut punah. Selain itu batu-batu koral tempat ikan barakuda tinggal juga banyak yang rusak.

Bagi penyelam, Barracuda cukup berbahaya karena sering menyerang, sebelum menyerang, Barracuda akan berdiri diam dari jarak yang jauh dan tiba-tiba… syut… kuping bisa hilang, atau badan akan terputus. Para penyelam disarankan untuk tidak memakai barang-barang yang berkilat (misalnya: anting) untuk menghindari ketertarikan Barracuda. Baracuda merupakan ikan air asin yang sudah dikenal karena akselerasi berenangnya.

Reputasi seram disandang karena giginya yang tajam dan tidak segan-segan menyerang apapun jika terancam. Jenis baracuda yang paling ditakuti adalah jenis “Great Baracuda” atau “the tiger of the sea” karena ukurannya yg super besar untuk ikan yang mempunyai kecepatan berenang di atas 5-7 knot.

Deskripsi Penampilan dan fisik

Barakuda adalah ikan memanjang, pike -seperti dalam penampilan, dengan menonjol tajam , taring -seperti gigi, mirip piranha, yang semuanya berbeda ukuran yang ditetapkan dalam soket rahang besar mereka. Mereka memiliki kepala besar dengan menunjuk gigitan bawah dalam banyak spesies. Insang mereka meliputi tidak memiliki duri dan ditutup dengan kecil sisik . Dua mereka sirip punggung secara luas dipisahkan dengan sirip anterior memiliki lima duri, sirip posterior memiliki satu tulang belakang dan sembilan sinar lembut. Sirip punggung posterior mirip dengan ukuran sirip anal dan terletak di atasnya. Para garis lateral menonjol dan memanjang lurus dari kepala hingga ekor. Sirip punggung spinosus ditempatkan di atas sirip pelvis dan biasanya ditarik kembali dalam alur. Para sirip ekor bercabang ini cukup dengan posteriornya bermata dua-melengkung dan ditetapkan pada akhir kokoh gagang bunga . Para sirip dada rendah ditempatkan di sisi. Mereka kandung kemih berenang adalah besar.

Dalam kebanyakan kasus, mereka adalah hijau tua, biru tua, atau abu-abu pada tubuh bagian atas mereka dengan sisi keperakan dan berkapur putih perut. Warna bervariasi antar spesies. Untuk beberapa spesies, ada bintik-bintik hitam yang tidak teratur atau deretan gelap lintas-bar di setiap sisi. Sirip mereka mungkin kekuningan atau kehitaman. Barakuda tinggal terutama di lautan, tetapi spesies tertentu seperti Barracuda Besar hidup di air payau.

Beberapa spesies tumbuh cukup besar, seperti barakuda Eropa, barracouta atau SPET (S. sphyraena), ditemukan di Laut Mediterania dan timur Atlantik , sedangkan barakuda Besar , picuda atau becuna (S. picuda), mulai di pantai Atlantik tropis Amerika dari North Carolina ke Brasil dan mencapai Bermuda . Lain barakuda spesies yang ditemukan di seluruh dunia. Contohnya adalah California Barracuda (S. argentea), membentang dari Puget Sound selatan ke Cabo San Lucas , barakuda India (S. jello) dan hitam-bersirip atau commerson yang barakuda (S. commersoni), dari lautan India dan Semenanjung Melayu dan Nusantara .

Perilaku

Barakuda yang rakus, oportunistik predator mengandalkan kejutan dan ledakan singkat kecepatan (sampai 27 mil per jam (43 km / h)) untuk menyalip mangsanya. Dewasa dari spesies yang paling lebih atau kurang soliter, sementara ikan muda dan setengah dewasa sering berkumpul. Barracuda memangsa terutama pada ikan (yang mungkin mencakup beberapa sebagai besar seperti diri sendiri). Mereka membunuh dan mengkonsumsi mangsa yang lebih besar dengan merobek potongan daging

Species
Ada 26 spesies barakuda yang diketahui:

  1. Barakuda sirip hiu, Sphyraena acutipinnis Day, 1876.
  2. Barakuda guinea, Sphyraena afra Peters, 1844.
  3. Barakuda pasifik, Sphyraena argentea Girard, 1854.
  4. Barakuda besar, Sphyraena barracuda (Walbaum, 1792).
  5. Sennet utara, Sphyraena borealis DeKay, 1842.
  6. Barakuda bergaris kuning, Sphyraena chrysotaenia Klunzinger, 1884.
  7. Barakuda Meksiko, Sphyraena ensis Jordan & Gilbert, 1882.
  8. Barakuda ekor kuning, Sphyraena flavicauda Rüppell, 1838.
  9. Barakuda mata besar, Sphyraena forsteri Cuvier, 1829.
  10. Barakuda Guachanche, Sphyraena guachancho Cuvier, 1829.
  11. Barakuda Heller, Sphyraena helleri Jenkins, 1901.
  12. Sphyraena iburiensis Doiuchi & Nakabo, 2005.
  13. Barakuda pelikan, Sphyraena idiastes Heller & Snodgrass, 1903.
  14. Barakuda Jepang, Sphyraena japonica Cuvier, 1829.
  15. Barakuda Pickhandle, Sphyraena jello Cuvier, 1829.
  16. Barakuda Lucas, Sphyraena lucasana Gill, 1863.
  17. Barakuda Australia, Sphyraena novaehollandiae Günther, 1860.
  18. Barakuda Obtuse, Sphyraena obtusata Cuvier, 1829.
  19. Sennet selatan, Sphyraena picudilla Poey, 1860.
  20. Barakuda merah, Sphyraena pinguis Günther, 1874.
  21. Barakuda gigi gergaji, Sphyraena putnamae Jordan & Seale, 1905.
  22. Barakuda sirip hitam, Sphyraena qenie Klunzinger, 1870.
  23. Barakuda Eropa, Sphyraena sphyraena (Linnaeus, 1758).
  24. Sphyraena tome Fowler, 1903.
  25. Barakuda mulut kuning, Sphyraena viridensis Cuvier, 1829.
  26. Sphyraena waitii Ogilby, 1908.

(Berbagai sumber)

.

4 Responses

  1. hast says:

    wow ikan yg luar biasa…

  2. Febee (xplore-charters) says:

    saya mancing di nusapenida,tepatnya di batu abah sangat sering sekali strike barracuda..paling besar yang didapat 25kg

  3. Hamka Taufan says:

    Barracuda, memang ikan predator yang cukup ditakuti, tetapi semakin besar ikan ini kekuatannya ternyata semakin berkurang, terbukti waktu saya strike barracuda di perairan merak selat sunda pada bulan september 2009 lalu saya fith dg indukan barracuda dg berat 23,15 kg dalam waktu 17 menit. tetapi saya pernah juga fith dengan barracuda dengan ukuran 16,5 kg tarikan dan perlawanannya jauh lebih gesit, waktu perlawanan mencapai 25 menit.

  4. Endi Sujoko says:

    Neh kl dipancing kenurnya yg cocok apa. Kabel kali yach. Kl di seputaran Jermal seperti ikan todak. Cara mancingnya di jerat, tanpa mata kail sehingga kenur nggak tergigit oleh giginya yg tajam.