Barreleyes

Ikan aneh yang matanya bisa berotorasi kebelakang yaitu barreleye (Macropinna microstoma), ikan unik yang ditemukan pada tahun 1939. Ikan dengan wajah aneh dan isi kepala yang tercermin keluar ini hidup di daerah pantai California ditemukan secara tidak sengaja oleh para peneliti dari MBARI dengan kamera canggih yang mereka miliki.

Pasalnya otak ikan ini dapat dilihat dengan mata telanjang, karena kepalanya yang transparan selayaknya selembar plastik, bisa dibilang ikan ini Frankenfish. Ikan yang dinamai Barreleyes Fish (Macropinna microstoma) ini biasanya hidup dilautan dalam yang gelap, di kedalaman laut terdalam dimana sinar matahari tak bisa menembusnya. sehingga menjadikan ikan ini sangat sensitif pada bagian-bagian tertentu di tubuhnya untuk melacak dengan akurat terhadap rangsangan yang diterima, baik berupa musuh, makanan, keadaan disekitar dan sebagainya.

Ikan tersebut biasa disebut barreleye dan memiliki nama ilmiah Macropinna microstoma. Ikan yang terlihat dalam foto tersebut berukuran panjang sekitar 15 centimeter. Para peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) memotretnya di perairan dalam dekat pantai tengah California. Ini adalah satu-satunya spesies ikan yang punya keunikan tersebut.

Ikan ini hidup pada kedalaman 600-800 meter (2.000 ke 2,600 kaki) di bawah permukaan, ikan ini tergantung tak bergerak di dalam air, mata mereka bersinar hijau yang jelas. mata ikan ini dikelilingi oleh Transparan, berisi cairan Pelindung yang menutupi bagian atas kepala ikan. Barreleye memiliki sirip datar yang dengan mudah memungkinkan mereka untuk tetap bergerak di dalam air. Selama mangsanya dalam posisi horizontal, mereka berenang ke atas ketika mereka melihat mangsanya. Mulut kecil mereka memungkinkan mereka untuk menangkap mangsa kecil sangat tepat.

Pigmen hijau dalam mata dapat menyaring sinar matahari, dan membantu untuk menemukan sesuatu yang dapat di makan di atas kepalanya, seperti ikan kecil atau pun plankton. Ikan akan segera memutarkan matanya dan berenang ke atas untuk makan. Sistem pencernaan ikan Barreleye kuat yang memungkinkan mereka untuk mencerna berbagai hewan kecil hanyut dan jeli.

Para ilmuwan takjub oleh desain mata yang berbeda dari ikan Barreleye. Mereka percaya bahwa mata ikan mungkin telah berevolusi secara terpisah. Mata mereka yang tertanam di dalam sebuah kubah ke atas-menghadap transparan, namun para peneliti terkejut menemukan bahwa mata berbentuk tabung benar-benar bisa berputar.

Perisai hijau di sekitar mata adalah filter mengklarifikasi optik yang menyaring cahaya permukaan. Mata ke atas mereka menghadapi dapat memindai overhead mangsa. Mata yang unik dari ikan Barreleye adalah tidak seperti vertebrata lainnya. Desain fitur tersebut menurut para ilmuwan evolusi tidak mungkin telah berevolusi hanya dengan kekuatan alam kecuali hal itu terarah.

(berbagai sumber)

.