Black Devil Piranha

Kita semua pasti sudah mengetahui betapa ganas dan bahayanya penghuni lembah sungai Amazon di Amerika Selatan ini. Bentuk tubuhnya yang menyeramkan dengan mata yang berwarna merah dan gigi runcing yang tajam maka pantaslah jika suku Indian menyebut ikan ini dengan sebutan “Ikan Setan”.

Dari semua spesies piranha yang ada, Serrasalmus Rhombeus atau lebih dikenal dengan nama Black Devil Piranha adalah salah satu jenis Piranha yang terganas dan paling besar. Bahkan saat masih berukuran kecil pun ikan ini sudah memiliki bentuk dan rupa yang sangat menyeramkan. Ukuran tubuh dewasa Rhombeus bisa mencapai 50 cm panjang horizontal dan 25 cm panjang vertikal tubuhnya.

Saat masih berukuran kecil Rhombeus memiliki warna yang agak terang dengan bintik-bintik hitam ditubuhnya dan memiliki warna mata yang merah menakutkan, dan postur tubuh Rhombeus ketika dewasa akan terlihat kekar dan besar. Rahangnya lebar dan kokoh dilengkapi dengan gigi-gigi besar setajam silet yang berguna untuk menghancurkan mangsa yang berkulit keras atau agar lebih mudah merobek daging.

Di habitat aslinya, mangsa utama dari Rhombeus antara lain adalah ikan-ikan kecil, daging, burung yang jatuh ke air, katak, ular air dan bahkan ikan ini terbukti mampu menyerang dan memakan ikan lain yang ukurannya hampir sama dengannya. Perbedaan lain antara “Black Devil Piranha” dengan piranha lainnya adalah ikan ini bersifat sangat soliter dan territorial bahkan kemungkinan besar ikan ini juga memiliki sifat kanibal. Jika ada ikan, katak atau satwa apapun yang memasuki daerahnya pasti akan diserang atau dimangsa Rhombeus.

 SCIENTIFIC CLASSIFICATIONS
 Kingdom Animalia
 Phylum Chordata
 Class Actinopterygii
 Order Characiformes
 Family Characidae
 Genus Serrasalmus
 Species S. rhombeus
 BINOMIAL NAME
 Serrasalmus Rhombeus

gmb 1

Di Indonesia sendiri sebenarnya ada peraturan yang melarang masuknya ikan berbahaya salah satunya ikan piranha ini dari luar negeri. Peraturan tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor Per.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya Dari Luar Negeri Ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia.

Lalu bagaimana dengan anda sebagai penghobi ikan di Indonesia, masih adakah di akuarium kesayangan anda ikan piranha ini? Ilegal lho.. 🙂

Sumber : melanopterablogspot