Blackfin Pearlfish

Blackfin Pearlfish (Austrolebias nigripinnis) merupakan ikan air tawar golongan Killifish yang banyak ditemukan di Amerika selatan khususnya di sungai-sungai Uruguay. Beberapa laporan juga menyebutkan bahwa ikan juga ditemukan di perairan terbuka Amerika bagian utara seperti California. Nama lain ikan ini ialah Drawf Argentine Pearlfish.

Blackfin Pearlfish tergolong ikan mungil yang cantik dengan paduan warna eksotis. Ikan jantan mempunyai warna gelap kecoklatan dengan banyak pola biru hingga jingga berbentuk lingkaran pada tubuh dan hampir semua siripnya termasuk ekor. Selain itu, warna kebiruan juga berada di penutup insang dan kedua sisi tubuhnya. Sedangkan ikan betina cenderung berwarna kecoklatan transparan dengan pola kehitaman pada siripnya. Blackfin pearlfish berukuran mini dengan panjang maksimal 3 sampai 5 cm. Dengan ukurannya yang mini, ikan ini sangat cocok untuk aquascape.

Blackfin pearlfish mempunyai tabiat yang cenderung agresif, sehingga dalam perawatan di aquarium dapat dijaga dalam sepasang atau tiga ekor (dua betina). Untuk diet, ikan ini bersifat omnivora dan dapat menerima jenis makanan mulai dari live food dan frozen food (terutama infusoria, bloodworm, daphnia dan brine shrimpe).

TAKSONOMI

Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Class Actinopterygii
Order Cyprinodontiformes
Family Rivulidae
Genus Austrolebias
Species Austrolebias nigripinnis

Tidak seperti umumnya killifish, Blackfin Pearlfish mempunyai habitat yang unik yaitu mampu hidup di perairan terbatas seperti kolam yang bersifat sementara. Selain itu, sebagai ikan subtropis Blackfin pearlfish terbiasa hidup dengan suhu rendah (< 200C). Untuk perawatan di aquarium, jaga suhu air pada level rendah yakni pada suhu 15,6–200C dengan pH yang cenderung asam yakni 3-7. Penjagaan suhu sangat penting dilakukan untuk menjaga kelangsungan hidup ikan serta konsistensi warna tubuh ikan. Pasokan oksigen di dalam air juga perlu diperhatikan dengan menjaga turbulensi udara di dalam aquarium.

Proses breeding pernah dilaporkan dapat dilakukan dalam aquarium. Setting tangki breeding dengan lapisan tabah gemuk/liat dengan ketebalan kira-kira 2 inchi (di bawah tanah liat diberi plastik) dan beberapa tempat sembunyi (batu atau kayu) untuk ikan betina. Proses bertelur dan tempat peletakkan telur terjadi di lapisan tanah liat tersebut. Setelah proses bertelur selesai, pisahkan lapisan tanah liat yang mengandung telur, press tanah liat untuk menghilangkan air dan letakkan pada plastik dan simpan selama 2-4 bulan sebelum menaruh kembali telur tersebut ke dalam air tawar berkesadahan rendah. (zafact)