Blackfoot Firefish

Blackfoot Firefish (Parapterois heterura) adalah spesies scorpionfish didistribusikan secara luas di pantai tenggara Afrika serta dari Jepang dan di Indonesia dimana biasanya ditemukan di teluk pantai terlindung dengan dasar lembut, seperti pasir halus atau lumpur. Blackfoot firefish Ini ditemukan di kedalaman mulai dari 40 sampai 300 meter ( 130-980 ft) . Spesies ini adalah ikan yang menetap dan bahkan mungkin mengubur diri dalam substrat.

Blackfoot firefish bila terganggu, akan terlihat sirip dada berwarna cerah mungkin dilakukan untuk mengejutkan predator dan melarikan diri. Perilaku ini telah dibuktikan dalam lionfish lainnya. Biasanya ditemukan di teluk pantai dan terlindung pasir halus atau habitat berlumpur. Mungkin sebagian mengubur dirinya dalam substrat pada siang hari.

Deskripsi

Blackfoot Firefish tumbuh dengan panjang 23 cm (9.1 in) TL . Namun, sebagian spesimen yang jauh lebih kecil , ukuran dewasa yang lebih besar sekitar 11 cm (4,3 inci ) panjangnya .

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Scorpaeniformes
Family: Scorpaenidae
Genus: Parapterois
Species: P. heterura
Binomial name
Parapterois heterura
(Bleeker, 1856)

Parapterois Heterura dan Parapterois Macrura berbeda dalam bahwa Parapterois Heterura memiliki sisik di lubang antara lubang hidung posterior sementara Parapterois Macrura tidak. Spesies ini tidak berbeda jauh di sirip punggung , sirip ray , gill raker penting, dan sebagian besar proporsi tubuh. Perbedaan mereka terletak pada perbedaan kecil dalam proporsi kepala . Juga , pada orang dewasa, batas atas mata Parapterois Heterura di bawah dasar pertama tulang belakang sirip punggung, sementara itu Parapterois Macrura di atas dalam (sifat ini tidak konsisten dalam remaja, di mana marjin mata mungkin berada pada bawah kedua spesies) .