Bronze Corydoras

Bronze Corydoras (Corydoras aeneus) adalah keluarga ikan lele lapis baja (Callichthyidae). Ini adalah groundfish non-agresif yang relatif kecil yang terbaik di kelompok-kelompok kecil dari sekitar lima hewan dalam genusnya.

Spesies yang tidak membuat tuntutan dan merupakan ikan yang baik untuk pemula. Ikan ini merupakan ikan omnivora, bisa memakan makanan baik hidup dan makanan beku. Panjang sekitar 6,5 inci untuk laki-laki, perempuan adalah sekitar 7 cm dan mampu hidup sekitar 15 tahun.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Siluriformes
Family: Callichthyidae
Subfamily: Corydoradinae
Genus: Corydoras
Species: C. aeneus

Ukuran tubuh sekitar 7 cm, bisa hidup dengan Suhu air 23-26 º C, dengan pH 7-7,5, DH 5-8 º, Minimum ukuran akuarium 80 cm. Corydoras perunggu tidak mudah untuk tumbuh namun sangat menarik dan luar biasa.

Reproduksi terjadi saat mulainya musim hujan, Betina bertelur sekitar 10-20 telur dengan beberapa ekor jantan pada suatu waktu. Bronze Corydoras memiliki metode yang unik dalam pembuahan, betina akan menempelkan mulutnya pada kelamin jantan, untuk membuka alat kelamin jantan dan menciptakan posisi yang terkenal yaitu T-Position. Kemudian sperma tersebut dengan cepat bergerak ke dalam usus dan dibuang bersama-sama dengan telurnya ke dalam kantong yang dibentuk oleh sirip nya. (citrashining)