Bumblebee Goby

Bumblebee Goby, Ikan ini datang dari Thailand, Vietnam, serta Indonesia sisi barat. Kebayakan ikan ini hidup di daerah estuaria atau muara sungai, memiliki ukuran sekitar 4 – 5 cm.

Set-up Akuarium 
Bumbleebee Goby yaitu ikan yang tidak terlalu memerlukan area yang luas. Ikan ini bisa diletakkan dalam tangki yang memiliki ukuran kecil apabila dipelihara dengan cara berpasangan. Akuarium yang dipakai untuk ikan ini memiliki ukuran sekurang-kurangnya cukup 30x20x20 cm atau berkapasitas 12,5 liter saja. Ukuran akuarium yang semakin besar lagi dibutuhkan apabila memeliharanya dengan cara berkelompok.Ikan ini bisa hidup di air tawar tetapi kondisinya bisa memburuk atau jatuh sakit lalu lalu mati. Habitat asli ikan ini ada di perairan payau sehingga tak pas apabila diletakkan di air tawar, walau di alam liar kadang-kadang ikan ini ditemukan di air tawar. Karenanya keadaan air dalam akuarium mesti sedikit payau lewat cara memberikan air laut kurang lebih seperempat dari volume akuarium.

Sebaiknya, siapkan banyak area persembunyian seperti pipa, tabung plastik panjang, kayu (bogwood), pot bunga kecil atau bebatuan lantaran ikan ini benar-benar teritorial. Substrat yang paling baik untuk ikan ini yaitu pasir. Gerakan air juga di buat minimum lantaran ikan ini suka pada keadaan air yang tenang.

Pakan 
Bumbleebee goby umumnya menampik di beri pakan kering, hingga pakan paling baik untuk ikan ini yaitu pakan hidup seperti bloodworm, daphnia, atau brine shrimp.

Keadaan air
temperatur air : 24° – 30° C
pH : 7, 5 sampai 8, 5

Kompabilitas
Meskipun ikan ini berperangai pendamai tetapi ikan ini ikan yang teritorial. Baik dipelihara dengan cara berkelompok. Ikan ini dapat juga dipelihara berbarengan ikan air payau yang lain yang kecil dan pendamai seperti halfbeaks, glassfish, molly, atau spesies goby yang lain, tetapi lebih baik ikan ini dipelihara dalam akuarium spesies dengan cara berkelompok. Sekurang-kurangnya ada 6 ekor goby dalam satu akuarium spesies. Apabila menempatkannya dalam akuarium komune janganlah memeliharannya berbarengan ikan yang memiliki ukuran jauh semakin besar atau lebih agresif supaya goby ini tak jadi mangsa untuk ikan itu.

Info
Tubuhnya berupa memanjang dengan warna kuning serta hitam yang berselang-seling hingga ikan ini dinamai “bumblebee” atau ikan tawon. Ikan ini umumnya berenang dengan cara perlahan di basic akuarium. Sesungguhnya ada sembilan spesies dalam genus Brachygobius yang sudah ditemukan. Sebagian salah satunya kerap diimpor sebagai ikan hias serta dijual dengan nama “Bumblebee goby”. Spesies B. xanthozona yaitu yang paling populer, type ini bisa dikenali dengan cara jeli lewat cara mengkalkulasi tulang sirip anal. Tulang sirip anal pada type ini sejumlah delapan. Tetapi sayangnya, umumnya ikan-ikan dalam genus Brachygobius ini dijual dengan nama yang sama hingga kita tak bisa tahu dengan cara persis terhitung type apa ikan itu. Ikan ini dijual dengan harga lebih kurang Rp. 5000, -. (akuariumhias)