Cave Fish

Semua Cave Fish rata-rata berukuran kecil dan berada di daerah selatan Amerika Utara . Beberapa tinggal jauh di dalam rawa-rawa  dan lain-lain di danau dan sungai atau di gua-gua.

Cave Fish hanya dapat ditemukan di dalam gua yang memiliki aliran ke dalamnya. Mereka tidak memiliki mata fungsional dan pigmentasi. Mereka memiliki sensor papillae membentuk baris pada kulit mereka, yang mereka gunakan untuk membantu mereka menavigasi lingkungan gelap.

Mayoritas ikan gua telah sedikit atau tidak ada pigmen di kulit mereka. Karena habitat gua rentan terhadap perubahan lingkungan seperti polusi air dan spesies eksotis.

Ikan ini disebut sebagai Cave Fish, Blindfish, atau Swampfish. Mereka adalah ikan air tawar kecil. Umumnya memiliki ukuran yang kecil , berkisar sampai 11 cm (4.3 in) panjangnya. Ikan dari keluarga ini disebut amblyopsis karena mereka buta atau hanya dapat mendeteksi perbedaan antara terang dan gelap.

Cave Fish berkembang biak hanya sekali setahun, menempati sekitar 10% dari populasi. Telur dilindungi selama empat sampai lima bulan atas insang rongga ikan betina. Cavefish melindungi telur mereka untuk periode terpanjang dari jenis ikan lainnya.  Mereka memakan udang, gammarus, dan arakhnida yang jatuh ke dalam air. (berbagai sumber)