Channa Barca

Tahukah anda dengan ikan yang bernama Channa Barca??? Channa Barca adalah ikan Snakehead paling mahal serta paling cantik di dunia. Channa Barca memiliki bentuk yang cukup unik jika dibandingkan dengan jenis Snakehead lainnya. Siripnya sangat panjang menjuntai dengan warna oranye pada ujungnya, warna tubuhnya berwarna turqouise, bentuk kepalanya yang unik & harganya yang sangat mahal merupakan keunikannya. Channa Barca sangatlah langka, ikan ini hanya bisa ditemui di daerah Goaparla, India. Ikan ini hidup didalam liang yang digalinya, makanan alaminya adalah udang, kepiting & ikan-ikan kecil. Channa Barca berhabitat di daerah beriklim subtropis dalam suhu 17 – 20 derajat Celcius. Gabus ini berasal dari Goalpara sebuah kota kecil di tepi sungai india dan ada juga di bangladesh. Ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai 90cm. Hidup disekitar suhu 18c. PH 6.5-8.0

Barca snakehead
Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Channidae
Genus: Channa
Species: C. barca
Binomial name
Channa barca
(Hamilton, 1822)

Channa Barca adalah ikan yang sangat eksotis bila dipelihara di dalam tanki anda. Diseluruh dunia, hanya sedikit orang yang memelihara Channa Barca. Saat ini, sebagian pemilik Channa Barca sedang berjuang keras untuk melakukan usaha pembiakkan Channa Barca agar jumlah populasinya di alam tidak terus diburu hingga punah.

Banyak orang mengeluhkan tentang harga Channa Barca yang sangat mahal. Hal ini karena:
Channa Barca sangat langka, ikan ini hanya dapat ditemui di daerah Goaparla, India. Daerah habitat Channa Barca adalah daerah rawan konflik. Menangkap Channa Barca di daerah itu membutuhkan keberanian tinggi karena harus bertaruh nyawa. Meski sudah berhasil sampai di daerah habitat Channa Barca, belum tentu bisa berhasil menemukannya.  Ikan ini hidup didalam liang, jadi sulit sekali mendapatka ikan ini. Apabila memaksa untuk menangkap Channa Barca dengan teknik sembarangan, maka akan berakibat kematian pada ikan ini. Lagipula, tidak semua lubang dihuni oleh Channa Barca. Banyak lubang yang setelah diperiksa, ternyata kosong.

Sumber : melanopterablogspot