Chinese High Fin Banded Shark

Chinese High Fin Banded Shark / Chinese Sucker Fish (Myxocyprinus asiaticus) juga dikenal dengan Chinese hi fin atau Sailfin Sucker, Asian Sucker, dan Entsuyui. Ikan ini berasal dari Sungai YangTse di China dan merupakan satu dari anggota yang paling primitif dari family Cyprinideae. Chinese Hi Fin merupakan sucker fish sejati dengan bentuk bibir beruang yang kecil, gemuk, tebal dan tanpa sungut. Selain itu, Chinese Hi Fin mempunyai deretan tunggal gigi pharyngeal yang sudah tersusun.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Cypriniformes
Family: Catostomidae
Subfamily: Myxocyprininae
Genus: Myxocyprinus
(T. N. Gill, 1878)
Species: M. asiaticus
Binomial name
Myxocyprinus asiaticus
(Bleeker, 1865)

Di alam liar, Ukuran ikan ini bisa mencapai 39 inci dengan berat 40 kg, sedangkan di aquarium rata-rata ukuran yang bisa dicapai adalah sekitar 18 – 24 inci. Suhu air aquarium yang cocok buat Chinese Hi fin ialah berkisar 65° sampai 75 °F (24 °C) dan pH 6 – 7, oleh karena itu ikan ini merupakan ikan air dingin seperti koi dan maskoki.

Chinese-Sucker-Fish2Chinese Hi Fin bersifat omnivora dengan memakan alga, udang, invertebrata, cacing darah dan lain-lain. Chinese Hi Fin muda berwana keperakan dengan strip Hitam di tubuhnya, dengan bertambahnya usia, perubahan warna menjadikan ikan ini abu-abu tua sampai dengan kemerahan. Proses breeding dalam aquarium belum pernah dilaporkan namun diketahui bahwa ikan ini adalah penganut egglayers. Chinese Hi Fin mempunyai ciri khusus yaitu sirip punggung yang tinggi dan berbentuk siku-siku yang memanjang sampai bagian anal. Perbedaan ikan jantan dan betina diketahui saat dewasa yakni, ikan jantan berwarna merah cerah dengan garis tubuh vertikal merah tua, sedangkan ikan betina berwarna ungu gelap dengan garis tubuh kemerahan. (zonaikan)