Chinese Paddlefish

Chinese Paddlefish (Psephurus gladius) yang dikenal juga dengan nama “Chinese Swordfish” merupakan salah satu ikan air tawar terbesar yang merupakan salah satu dari 140 spesies ikan endemik di sungai Yangtze, yang berarti ikan ini tidak dapat ditemukan lagi di tempat lain. Ikan ini dulu dijuluki “Raja Sungai Yangtze”. Ikan yang berasal dari China ini memang unik. Banyak orang yang mengatakan jika ikan ini adalah ikan dengan wajah terburuk di dunia. Meskipun mendapat julukan sebagai Raja Sungai Yangtze, namun ikan ini diduga telah punah. Chinese Paddlefish dianggap sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. Menurut laporan, panjang ikan ini bisa mencapai 7 meter dan berat hingga setengah ton (450 kg).

Klasifikasi Ilmiah
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Acipenseriformes
Family: Polyodontidae
Genus: Psephurus
Species: P. gladius
Binomial name: Psephurus gladius
Synonyms: Polyodon gladius; Polyodon angustifolium

Perbandingan chinese paddlefish dengan bus

Ikan ini merupakan salah satu dari 2 spesies ikan paddlefish yang ada di dunia, di mana spesies lainnya adalah American Paddlefish. Ikan ini disebut juga ikan gajah (elephant fish) karena moncongnya yang seperti belalai gajah. Dalam catatan klasik Cina, kadang-kadang ikan ini disebut juga wei-fish. Karena langkanya dan statusnya yang dilindungi, ikan ini juga disebut sebagai Giant Panda of the Rivers.

Chinese Paddlefish merupakan hewan yang sangat dilindungi di Cina. Perutnya berwarna putih dengan kepala abu-abu. Ikan ini kebanyakan tinggal di bagian tengah atau bawah dari sungai Yangtze (Chang Jiang), kadang di danau yang besar. Makanannya adalah ikan lain, kepiting dan crayfish. Ikan paddlefish dijuluki sebagai ikan terjelek yang hampir punah oleh National Geograpic.

Pada tahuan 1950, ada berita yang menyatakan bahwa ada ikan paddlefish sepanjang 7 meter yang ditangkap nelayan, walaupun kebenaran berita ini belum dapat dipastikan. Dikatakan bahwa ikan ini dapat tumbuh sampai sepanjang 23 kaki dan berat mencapai 1100 pounds, tetapi penelitian lebih lanjut belum bisa dilakukan karena kelangkaannya.

Karena penangkapannya, populasi Chinese Paddlefish berada dalam kondisi bahaya, dan secara resmi pemerintah Cina telah melarang penangkapannya, baik yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil, sejak tahun 1983. Sekarang ini ikan ini sangat jarang ditemukan, dan dikhawatirkan sudah mengalami kepunahan. Dalam penelitian selama 3 tahun (2006-2008), tim peneliti dari Chinese Academy of Fisheries Science di Jingzhou tidak berhasil menemukan seekor ikan pun. Laporan terakhir penampakannya terjadi pada 24 Januari 2003 di sungai Yangtze. Namun pada 8 Januari 2007, seekor paddlefish sepanjang 3,6-meter dengan berat 250 kg telah mati karena pemancingan ilegal di Jiayu County di sungai Yangtze.