Electric Catfish

Seperti namanya, ikan ini mampu menghasilkan listrik untuk membunuh mangsanya atau untuk melindungi diri bila merasa terancam. Seekor ikan dewasa mampu menghasilkan listrik sebesar 300 hingga 400 volt. Namun tidak semua orang menyukainya karena mungkin ikan ini memiliki penampilan yang buruk atau karena senang mengganggu ikan lainnya.

Walaupun begitu, ikan ini tetap menjadi koleksi wajib bagi para hobiis catfish unik. Harga ikan ini cukup mahal, per ekor dibanderol sekitar Rp 150.000 untuk yang masih berukuran kecil. Electric Catfish (Malapterurus electricus) merupakan Famili dari Malapteruridae (Siluriformes).

Distribusi & Habitat

Berasal dari Afrika Tengah, meliputi sungai Nil, Niger, Volta, danau Chad, dan danau Tanganyika.

Ukuran

30 cmbeberapa orang melaporkan ukurannya dapat mencapai 90 cm.

Set-up Akuarium

Electric catfish membutuhkan akuarium yang berukuran besar agar dapat hidup dengan nyaman. Ikan ini adalah hewan pemalu, sehingga perlu disediakan banyak tempat persembunyian, seperti potongan kayu atau bebatuan. Potongan pipa PVC juga dapat dipakai sebagai tempat persembunyian. Agar ikan ini hidup lebih nyaman, gunakan pencahayaan yang redup. Tanaman air adalah opsional. Meskipun bukan ikan yang suka melompat, namun lengkapilah akuarium dengan penutup, karena memungut ikan ini dari lantai dengan tangan kosong bukanlah hal yang menyenangkan.

Pakan

Lebih suka diberi pakan hidup atau beku, seperti bloodworm atau cacing tanah. Terkadang juga mau memakan pelet. Catfish ini termasuk ikan yang rakus dalam hal makanan.

Kondisi air

pH:6,5-8,2 dan temperatur:23-30 °C.

Kompabilitas

Karena ikan ini suka bertengkar dan sangat teritorial, bahkan tidak segan membantai ikan lainnya, maka ikan ini tidak bisa dicampur dengan ikan lain yang berjumlah banyak. Setidaknya akuarium harus berukuran besar bila ingin mencampur ikan ini dengan ikan lain. (uniquefishprofilesz)