Empire Gudgeon

Empire Gudgeon (Hypseleotris compressa) memiliki warna tubuh yang sangat indah. Corak tubuh yang indah tersebut hanya terdapat pada ikan pejantan, ikan betina biasanya memiliki warna tubuh yang kusam. Ikan ini hidup di air tawar, namun akan menuju ke muara dan pesisir pantai bila akan memijah.

Warna tubuhnya yang cantik ini akan tampak semakin indah bila ikan ini dipelihara dalam akuarium yang penuh dengan tanaman air. Meskipun begitu, ketersediaannya di Indonesia masih jarang dan baru dikenal di kalangan penghobi aquascape saja. Empire Gudgeon (Hypseleotris compressa) merupakan Famili dari Eleotridae (Perciformes). Ukuran ikan ini sekitar 10-12 cm.

  • Distribusi & Habitat

Tersebar di selatan Papua Nugini serta bagian timur dan utara Australia. Jangkauan persebarannya di Australia memanjang dari region Pimbara dan Kimberley di negara bagian Australia Barat hingga ke sistem sungai Towamba di negara bagian New South Wales.

  • Set-up Akuarium

Sediakan banyak tempat persembunyian dan juga penutup. Hal ini selain berguna agar ikan ini dapat hidup lebih nyaman, juga bertujuan untuk memberi tempat perlindungan untuk ikan yang lemah dari ikan yang lebih dominan. Sangat cocok bila dipelihara dalam aquascape.

  • Pakan

Di alam, ikan ini biasanya memangsa krustasea atau invertebrata kecil. Di akuarium ikan ini harus diberi pakan hidup atau beku, seperti bloodworm, jentik nyamuk, ArtemiaDaphniaMysis, dan sebagainya, meskipun sebenarnya ikan ini dapat diberi pakan kering.

  • Kondisi air

pH:5-9 dan temperatur:20-35 °C.

  • Kompabilitas

Pendamai dan dapat dipelihara bersama ikan pendamai lainnya dan yang berukuran kurang lebih sama besarnya.

Sumber : uniquefishprofiles