Fahaka Pufferfish

Fahaka Pufferfish (Tetraodon lineatus) juga dikenal dengan Globe fish, Striped puffer, Nile puffer dan Band puffer. Fahaka puffer merupakan ikan air tawar yang ditemukan di sungai Nil dan beberapa sungai lain di Afrika. Ikan ini merupakan ikan puffer yang cantik dengan warna perut hijau dan kuning terang.

Tubuhnya mempunyai motif garis–garis kuning yang memanjang sampai bawah tubuh, sedangkan tubuh atas berwarna hijau kemerahan. Fahaka pufferfish dewasa mempunyai ukuran tubuh yang cukup besar yakni sekitar 43 cm. Di alam bebas, Fahaka puffer merupakan molluskavora namun cenderung karnivora. Ikan ini dapat diberi makanan keong, kerang – kerangan (remis) dan semua makanan ini digunakan untuk merawat gigi tajamnya.

Fahaka puffer merupakan ikan yang sangat agresif dan dapat menyebabkan kematian ikan lain yang dirawat satu tangki dengannya. Perawatan di aquarium disarankan untuk dirawat sendiri atau dengan ikan yang dapat bergerak cepat sehingga ikan tidak bisa ditangkap dengan Fahaka pufferfish.

TAKSONOMI

Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
Genus
Species
Tetraodon lineatus

Kondisi air yang cocok ialah suhu 24–260C & pH 6,5–7,5. Pembedaan jenis kelamin sulit untuk dilakukan namun pada kondisi siap bertelur betina akan nampak lebih bulat. Fahaka puffer susah untuk dibreeding secara aquarium dikarenakan sifatnya yang sangat agresif, namun laporan kesuksesan breeding pernah ada. Ikan mencapai kedewasaan seksual setelah usia 12 bulan. Ikan dibreeding dalam tangki terpisah dalam jumlah kelompok yang kecil.

Ikatan antara jantan dan betina sangat lemah dan hanya terjadi saat proses bertelur. Pasangan akan berenang bersama dalam waktu yang singkat sebelum jantan membalikkan badannya dan menempelkannya ke sisi bawah betina. Pada proses ini, telur dan sperma dikeluarkan dan pasangan akan mengulanginya beberapa kali.

Telur yang dihasilkan dapat mencapai ribuan buah. Pisahkan induk segera dari telurnya, dan telur tersebut akan menetas setelah 72 – 96 jam. Anak ikan yang baru menetas akan berenang di sisi bawah tangki, sehingga perlu dijaga ketinggian air dalam tangki hanya beberapa inci sehinga ikan dapat meraih permukaan. Anak ikan dapat diberi makanan seperti infusoria sampai beberapa hari sampai siap memakan maknan kecil seperti Brine shrimpe. (zafact)