Flagtail Catfish

Flagtail Catfish (Dianema urostriatum) biasa juga dikenal juga dengan stripedtail catfish merupakan ikan dari family Callichthyidae yang asli berasal dari Amerika selatan, tepatnya di sungai Amazon Brazil. Ikan ini di habitat aslinya tersebar di anak–anak sungai berarus kecil, danau, telaga dan kolam.

Flagtail catfish mempunyai ekor yang bermotif garis–garis horisontal hitam dan putih. Flagtail catfish mempunyai warna badan dan kepala abu–abu kecokelatan, dimana pada tubuh bagian atas terdapat sedikit bintik hitam sedangkan tubuh bagian bawah berwarna abu–abu keperakan. Semua sirip ikan umumnya transparan. Ikan ini merupakan ikan tropis yang hidup pada pH 6–8 dan suhu 23–290C. Flagtail catfish hidup berkelompok sehingga perlu dijaga dalam jumlah 4 ekor atau lebih jika dirawat dalam aquarium. Flagtail catfish dapat tumbuh dengan panjang 8–13 cm, mempunyai mata yang lebar dan empat pasang kumis.

TAKSONOMI
Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Class Actinopterygii
Order Siluriformes
Family Callichthyidae
Genus Dianema
Species Dianema urostriatum

Flagtail catfish bersifat omnivora dan menerima jenis makanan apapun mulai dari daphnia, cacing, cacing darah, cacing tanah, brine shrimp sampai makanan komersil jenis pellet. Ikan betina mempunyai tubuh yang lebih lebar dibanding jantan, selain itu jantan mempunyai sirip dada yang sedikit lebih tebal dibanding betina. Informasi breeding ikan ini masih sedikit dilaporkan, namun diketahui bahwa dengan meletakkan 4–6 ekor ikan ke tangki breeding memungkinkan ikan ini bertelur.

Ikan yang berkerabat dekat dengan Corydoras ini, dikenal juga dengan pembuat sarang dari gelembung. Penurunan suhu dan mengganti sebagian besar air aquarium diketahui akan memicu ikan untuk bertelur. Setting aquarium untuk ikan ini adalah perlu banyak batu atau akar untuk bersembunyi, dan juga membutuhkan vegetasi air. Sebagian Flagtail catfish menyukai tanaman berdaun tebal. Flagtail catfish dapat hidup hingga delapan tahun.