Flagtail Characin

Flagtail Characin (Semaprochilodus taeniurus) atau yang dikenal juga dengan Silver prochilodus banyak ditemukan di bagian tengah sungai Amazon, Brazil, tepatnya di danau, sungai hutan hujan dan anak sungai. Tubuh ikan ini berwarna perak dengan sisik tubuh yang besar. Semua sirip dan ekor berwarna orange kemerahan, namun pada ekor, sirip punggung dan sirip anal mempunyai garis-garis horizontal besar berwarna hitam. Pada kepala dan insang memiliki warna merah yang tersamar. Pada ikan muda warna orange belum muncul dan masih dominan keperakan, warna orange muncul seiring bertambahnya usia. Makan Flagtail Characin yang utama adalah sayuran. Ikan ini lebih bertipe vegetarian dibanding harus memakan makanan hidup. Jenis sayuran yang disukai antara lain alga, bayam, selada, mentimun dan beberapa pakan beku.

TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Actinopterygii
Order
Characiformes
Family
Prochilodontidae
genus
Semaprochilodus
Species
Semaprochilodus taeniurus

Flagtail Characin dapat tumbuh dengan panjang maksimum 30 cm, oleh karena itu perawatan di aquarium membutuhkan space yang luas. Ukuran tangki yang cocok ialah 150 cm x 60 cm x 60 cm. Dalam hal dekorasi tangki, ikan ini tidak terlalu rewel, namun supaya lebih nyaman tangki bisa di set dengan setting alami sesuai lingkungannya. Substrat tangki menggunakan pasir sungai dengan beberapa cabang atau akar. Suhu air dijaga pada level suhu 23–29 0C dan pH 5,5–7,5. Pertumbuhan alga pada tangki tidak perlu dikhawatirkan karena ikan ini akan memakannya. Menaruh tanaman pada tangki juga bukan merupakan pilihan yang baik mengingat ikan ini akan memakan tanaman berdaun lunak. Flagtail Characin dapat bersifat territorial saat dia merasa tidak mempunyai space yang cukup untuk berenang.

Walaupun cenderung herbivora, diet ikan ini sebenarnya omnivora. Selain sayuran, mereka juga memakan pakan kering dan beku seperti cacing darah walaupun itu jarang. Flagtail Characin akan bersifat lebih agresif saat dipelihara dalam jumlah kecil, namun akan menjadi tidak agresif ketika dipelihara dalam kelompok 6 ekor atau lebih. Lebih baik jika dijaga dalam satu spesies dari berukuran medium sampai besar pada satu tangki. Namun tidak menutup kemungkinan bila dicampur dengan ikan lain sebagai tankmate seperti Characin besar yang lain, Loricaridae, Doradidae, beberapa Cichlid, Arowana, Knifefish dan Pari air tawar.

Flagtail characin susah dibedakan jenis kelaminnya walaupun dikatakan bahwa betina dewasa umumnya memiliki perut yang lebih bulat dibanding jantan. Informasi breeding belum pernah didapatkan dari para hobbies. Ikan ini juga tidak pernah didapati bertelur di dalam tangki hal ini disebabkan bahwa ikan ini sebenarnya tipe bermigrasi sebelum bertelur. Flagtail Characin bermigrasi dua kali dalam setahun dan menempuh jarak ratusan kilometer. Proses migrasi untuk bertelur ini dimulai saat musim hujan, ketika itu ikan berpindah dari perairan sungai dan anak sungai bersih yang sudah bernutrisi sedikit menuju sungai berarus deras mendekati hilir untuk bertelur. Hilir sebagai tempat bertelur dan pembuahan telur merupakan tempat yang kaya nutrisi sehingga sangat sesuai untuk makanan anakan ikan dan pertumbuhannya. Setelah proses bertelur selesai, ikan dewasa akan bermigrasi kembali menuju tempat asalnya yaitu sungai hutan hujan untuk makan selama 3-4 bulan kedepan. Migrasi ini terjadi dipertengahan musim hujan dimana ikan yang telah mencapai sungai hutan hujan akan bermigrasi sekali lagi menuju anak sungai yang lebih kaya makanan. Aktifitas ini terus berlanjut sampai level air menurun. (zonaikan)