Flame Angelfish

Flame Angelfish mempunyai warna yang cerah oranye-merah dengan bercak hitam vertikal memanjang dan empat atau lima bar di sisi, bagian posterior dorsal, dan sirip dubur. Secara umum, jantan Flame Angelfish mungkin lebih besar dan sedikit lebih berwarna. Masa hidup dari Flame Angelfish adalah 5-7 tahun atau lebih. 

Flame Angelfish ini ditemukan dalam berbagai terumbu Oceania, yang paling umum di Marshall, Line, dan Cook Islands. Ikan ini juga, meskipun kurang umum, ditemukan di Kepulauan Hawai’ian. Khususnya, Flame Angelfish dapat ditemukan pada foreslope terumbu karang dan laguna.

 

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Pomacanthidae
Genus: Centropyge
Species: C. loricula
Binomial name
Centropyge loricula
(Günther, 1874)

Makanan

Di alam liar, Flame Angelfish memiliki makanan yang bervariasi yang terdiri dari alga dan krustasea. Ada spesimen sesekali yang hidup sangat lama di akuarium karang, namun sebagian besar ikan ini akan sering mati tanpa alasan yang jelas ketika mereka lebih tua. Hal ini dapat dengan mudah dijelaskan karena banyak dari keluarga Centropyge adalah mayoritas pemakan plankton sebagai. Flame Angelfish remaja dan akan beralih mengkonsumsi makanan dewasa alamnya sekali tumbuh sepenuhnya. Terkadang, yang dibutuhkan adalah bagi seorang individu kurang makan untuk “menguji” sumber makanan.

Dalam penangkaran, spesies ini memakan berbagai makanan termasuk udang air garam dan daging lainnya serta spirulina, lembaran rumput laut, dan pelet. Flame Angelfish dikenal pemalu. Spesimen terutama lebih kecil, tetapi, dalam waktu seminggu, maka akan mendapatkan kepercayaan diri. Flame Angelfish sering dianggap aman pada karang. Mereka akan beradaptasi dengan makanan cepat yang biasanya akan mencegah mereka dari mengkonsumsi karang lunak atau berbatu. Spesimen individu yang memilih di karang atau kerang mantel lebih sering daripada tidak makan di bawah atau di bawah gizi.

Breeding

Flame Angelfish telah dikenal untuk bertelur di penangkaran. Flame Angelfish adalah haremic di alam liar dan dapat disimpan dalam beranggotakan dua atau tiga di akuarium ekstra besar. Akuarium harus berisi hanya satu laki-laki. Laki-laki memiliki warna lebih biru di tepi luar dari sirip dorsal dan anal, dan cenderung lebih besar. Ikan akan menelurkan menjelang akhir hari dan melepaskan gamet pelagis ke dalam kolom air. Mengumpulkan telur dan membesarkan larva adalah tantangan terbesar.