Fundulopanchax Gardneri

Ikan ini berukuran kecil, hanya dapat mencapai ukuran sekitar 6,5 cm. Terdapat sekitar empat subspesies pada spesies ikan ini. Ikan ini terkenal di kalangan hobiis ikan hias karena keindahannya serta corak tubuh yang menarik. Warna dasar ikan ini adalah biru muda atau ungu dengan titik-titik warna merah di sekujur tubuh namun ada juga yang memiliki warna dasar kuning dengan titik-titik warna merah yang lebih sedikit. Tiap subspesies memiliki corak yang berbeda.

Ikan Fundulopanchax Gardneri merupakan family dari Nothobranchiidae (Cyprinodontiformes) adalah salah satu spesies ikan air tawar yang paling menakjubkan dan sangat berwarna-warni. Ini adalah spesies yang berasal dari sungai di afrika, yang sangat mudah berkembang biak. Dan dalam situasi tertentu dapat dimasukkan ke dalam akuarium komunitas.

Seperti kebanyakan ikan jenis ini menghindari pencahayaan terang dan substrat berwarna terang, jadi untuk melihat keindahan ini adalah pada akuarium yang terdapat tanaman dan ada bagian gelapnya layaknya aquascape.

Untuk kondisi air mereka harus sedikit lembut agak asam dengan pH: 6,0-7,5 dengan kisaran suhu sekitar 22-25 derajat celcius. Untuk ukuran mereka mencapai sekitar 6,5 cm, ukuran pejantan akan lebih besar daripada betina. Ikan jenis ini suka makanan serangga air dan berbagai jenis cacing.

Set-up Akuarium 
Substrat yang digunakan untuk ikan ini adalah substrat yang gelap seperti gambut atau yang sejenisnya. Akuarium harus memiliki tanaman air yang padat serta potongan kayu. Penggunaan tanaman air yang mengambang juga dianjurkan untuk menyebarkan cahaya. Ikan ini adalah ikan yang dapat melompat dengan baik sehingga akuarium harus ditutupi agar ikan tidak melompat keluar. Jika memungkinkan, air dapat disaring terlebih dahulu melalui media gambut. Akuarium yang digunakan minimal berukuran 45 cm atau berkapasitas minimal 28 liter.

Pakan
Makanan yang hidup atau beku seperti daphnia atau bloodworm dapat diberikan pada ikan ini.

Kompabilitas
Ikan ini adalah ikan yang pendamai, dapat dipelihara bersama dengan ikan yang kecil lainnya. Lebih baik dipelihara secara sepasang atau tiga ikan (1 jantan 2 betina).