Glass Catfish

Sebelumnya, ikan ini lebih dikenal dengan nama ilmiah K. bicirhhis atau K. minor. Namun setelah melakukan penelitian secara menyeluruh, pada tahun 2013 barulah diketahui bahwa ikan ini adalah spesies baru. Hingga saat ini, masih banyak literatur yang masih menggunakan dua nama lama tersebut. Terkadang ikan ini terdapat di pasar ikan hias Indonesia, yang dijual dengan harga sekitar Rp 10.000. Glass Catfish (Kryptopterus vitreolus) merupakan Famili dari Siluridae (Siluriformes), mempunyai ukuran tubuh sekitar 6 cm.

Distribusi & Habitat

Diketahui hanya terdapat di sungai-sungai di Semenanjung Thailand yang mengalir menuju Teluk Thailand, tepatnya di selatan Tanah Genting Kra, ditambah beberapa sungai yang mengalir melewati Pegunungan Cardamom di tenggara Thailand. Biasanya ditemukan di perairan keruh yang mengalir lambat serta bersifat asam.

Set-up Akuarium

Sangat baik bila dipelihara dalam akuarium yang terdapat banyak tanaman mengambang, karena ikan ini lebih menyukai pencahayaan dengan kondisi redup. Penambahan serasah daun kering akan membantu menciptakan kondisi yang sesuai dangan habitat aslinya, sedangkan kandungan tanin yang dilepas oleh serasah dedaunan akan memberi manfaat yang baik bagi ikan ini. Ikan ini juga cocok bila dipelihara dalam aquascape.

Pakan

Merupakan ikan predator yang memangsa invertebrata kecil di habitat aslinya. Dapat diberi pakan kering atau pakan pabrikan, namun pakan beku atau hidup tetap harus diberikan, seperti Artemia, nauplii, Moina, dan bloodworm.

Kondisi air

pH:5-7 dan temperatur:20-26 °C.

Kompabilitas

Pendamai, dapat dipelihara bersama bersama ikan yang berukuran kurang lebih sama. Ikan ini sangat suka berteman, sehingga peliharalah ikan ini dalam kelompok kecil berjumlah kurang lebih 6 ekor. (uniquefishprofiles)