Goliath Grouper

Ikan goliath grouper asal lautan Atlantik, yang ditemukan di perairan hangat Amerika dan Afrika barat merupakan jenis terpisah dari ikan goliath grouper yang berkeliaran di batu karang tropis timur Samudera Pasifik. Ikan goliath grouper Pasifik bisa tumbuh sepanjang lebih dari 6 kaki (1,8 meter) dan beratnya hampir 1.000 pon (454 kilogram).

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Epinephelidae
Genus: Epinephelus
Species: E. itajara

Oleh karena ikan-ikan raksasa di lautan memiliki persamaan bentuk badan dan cirri-ciri lainnya, para ilmuwan belum pernah menganailsa gen-gen mereka. Selama lebih dari seabad, pakar ichthyology menilai ikan-ikan goliath grouper Atlantik dan Pasifik adalah spsies yang sama, dan argumentasi itu dikukuhkan sebelum adanya penggunaan luas teknik genetik.

Saat remaja Ikan goliath grouper ditemukan di kawasan mangrove dan muara payau. Sedangkan saat dewasa/besar dapat ditemukan di muara sungai. Ikan goliath grouper ternyata terpisah menjadi dua spesies sekitar tiga setengah juta tahun silam ketika Lautan Atlantik dan Pasifik mulai terpisah membentuk Panama sekarang ini.

Goliath grouper diyakini hermafrodit protogynous, dengan individu lebih sebagai betina dan hanya beberapa yang menjadi jantan. Kebanyakan Goliath grouper mengikuti pola ini. Jantan bisa menjadi dewasa secara seksual pada ukuran yang lebih kecil (-1.150 mm) pada usia muda (4-6 tahun) dibandingkan betina (-1.225 mm) pada usia (6-8 tahun).

Sifat ingin tahu dan umumnya takut pada Goliath grouper itu membuatnya menjadi mangsa yang relatif mudah bagi nelayan tombak. Mereka juga cenderung untuk bertelur di agregat besar, kembali seperti ke lokasi yang sama, membuat mereka rentan terhadap penangkapan massal. Sampai larangan penangkapan ditempatkan pada spesies ini.

Akan tetapi spesies baru ini kemungkinan berumur pendek. Dan para ahli memperingatkan bahwa ikan-ikan grouper Pasifik mungkin akan berbaur dengan ikan grouper Lautan Atlantik dan kondisinya kritis terancam punah.