Harlequin Rasbora

Harlequin Rasbora (Trigonostigma heteromorpha) merupakan ikan kecil yang menyebar dari Thailand, Malaysia dan Indonesia khususnya Sumatera. Sesuai namanya, Harlequin rasbora mempunyai corak segitiga berwarna kehitaman pada separuh bagian belakang tubuhnya, sedangkan sirip dan tubuhnya berwarna orange–merah tembaga.

Ikan ini hidup berkelompok sekitar 4–8 ekor, dan dapat tumbuh sampai 3,8–4,5 cm. H. Rasbora hidup pada kondisi air dengan pH 6 – 6,5 dan temperature 22 – 260C. Umumnya, pejantan memiliki ukuran tubuh lebih ramping dibanding betina, selain itu corak segitiga pada jantan lebih jelas dan lebih panjang dibanding betina dan mereka bersifat omnivora.

Harlequen Rasbora umumnya susah untuk di breeding namun jika kondisi lingkungan baik, kemungkinan bisa bertelur. Pisahkan beberapa pasang ikan dewasa dan taruh pada tank yang mempunyai banyak tanaman dengan suhu 76 – 790F. Telur akan diletakkan oleh betina di bawah sisi daun. Setelah proses bertelur selesai, pindahkan ikan keluar tank sehingga hanya tersisa telur di tank breeding. Gelapkan tank breeding dengan menaruh kertas pada sisi tank sampai telur menetas (kira-kira 24 jam), tunggu sampai anak-anak ikan bisa berenang dengan baik (3 hari). Beri makan anak ikan dengan makanan ikan cair dan udang kecil saat berusia 1 minggu. Jaga kondisi kebersihan air dan beri oksigen dengan gelembung kecil.

Trigonostigma heteromorpha mempunyai 2 sub spesies yaituTrigonostigma espei danTrigonostigma hengeli yang mempunyai tubuh lebih ramping dan corak segitiga yang lebih jelas dan panjang.

TAKSONOMI
Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Class Actinopterygii
Order Cypriniformes
Family Cyprinidae
genus Trigonostigma
Species Trigonostigma heteromorpha

(Sumber : zafact)