Helicoprion

Hewan eksotik ini dikenal dengan nama Helicoprion, salah satu makhluk prasejarah yang pernah hidup hingga awal era Triassic. Helicoprion masih kerabat dekat dari hiu, salah satu hewan yang mampu bertahan hidup hingga saat ini. Helicoprion diperkirakan bertahan hidup hingga awal era Triassic sekitar 225 juta tahun yang lalu, sampai akhirnya punah.

Ahli purbakala memperkirakan bahwa helicoprion merupakan salah satu hiu prasejarah yang memiliki struktur rahang yang unik. Dengan ukuran tubuh yang bisa mencapai 15 kaki, bisa dibayangkan jika hewan ini masih berkeliaran di laut di era modern ini.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Chondrichthyes
Order: Eugeneodontida
Family: Agassizodontidae
Genus: Helicoprion

Helicoprion Bessenovi

Jika kita lihat gambar dari Helicoprion, susunan giginya tampak berbeda dengan hiu pada umumnya, namun helicoprion memiliki kesamaan dengan kerabat dekatnya itu. Gigi – giginya juga akan tanggal dan akan digantikan dengan gigi yang baru. Gigi yang menyerupai seperti gergaji ini sangat tajam dan digunakan untuk membunuh mangsanya dengan mudah.

Para ahli beranggapan bahwa gigi-gigi yang terbentuk di rahang bawahnya bisa menghambat pergerakan dari hewan ini sendiri, karena jika hewan ini berenang dengan kecepatan tinggi, maka akan mempengaruhi keseimbangannya. Karena itu, para ahli menganggap bahwa helicoprion memangsa hewan-hewan kecil dan lunak. Beberapa ahli purbakala bahkan mengatakan jika makanan utama hewan ini adalah ammonites, sejenis kerang purbakala.

Mulut terdiri dari lingkaran dipisahkan menjadi 3 volutions ¼. Diameter terbesar adalah sekitar 170 mm. Para whorls memiliki pemisahan sekitar 1mm di putaran pertama, dan ia pergi ke sekitar 8 mm di lingkaran terbesar ditampilkan. Hewan itu memiliki total sekitar 32 gigi dalam putaran pertama, 36 di kedua dan 41 di terakhir. Gigi pada akhir putaran pertama sekitar 7 mm panjang dan ukuran sekitar 2,4 lebar mencapai sekitar 40 mm panjang dan lebar 9,5 pada akhir ketiga. Gigi yang simetris bertentangan satu sama lain. (Berbagai Sumber)