Hillstream Loach

Hillstream Loach (Beaufortia kweichowensis) merupakan ikan dari family Balitoridae dan ikan asli dari Sungai Xi Jiang China, Asia. Hillstream loach mempunyai nama lain seperti Chinese hillstream loachHongkong plecoButterfly hillstream loach dan Chinese Sucker fish. Ikan ini berukuran kecil dengan panjang tubuh antara 4–10 cm, mempunyai warna cokelat terang sampai keemasan dengan bintik–bintik hitam sepanjang tubuhnya.

Ekor dan sirip punggung Hillstream loach adalah transparan dengan garis–garis hitam. Hillstream loach hidup dihabitat sungai dengan arus yang deras dan air dengan kandungan oksigen tinggi. Hillstream loach biasanya hidup berkelompok dengan jumlah 3 ekor atau lebih. Di aquarium, ikan ini menyukai kondisi berbatu untuk tempat sembunyi, baik batuan kecil yang halus maupun batuan besar, dan tidak terlalu membutuhkan adanya tanaman air.

TAKSONOMI

Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Class Actinopterygii
Order Cypriniformes
Family Balitoridae
Genus Beaufortia
Species Beaufortia kweichowensis

Hillstream loach adalah ikan air tawar yang beradaptasi pada suhu dingin, dia hidup dihabitat aslinya dengan suhu 18–24 0C dan pH 6,5–7. Ikan ini bersifat omnivora dan mempunyai mulut yang kecil dengan memakan alga, mikroorganisme, cacing darah dan makanan komersial lainnya. Hillstream loach bukannlah ikan yang terlalu agresif, namun akan menjadi teritorial dan bertarung saat melindungi ikan lain, pertarungan ini sangat menarik dan dikenal dengan “topping”.

Setelah pertarungan, salah satu ikan akan segera mengosongkan daerahnya. Terdapat sedikit perbedaan antara ikan jantan dan betina yakni ikan jantan memiliki warna yang lebih menyolok dan ukuran yang lebih besar dibanding betina. Walaupun teknik breeding Hillstream loach belum pernah dilaporkan, namun mereka mungkin akan bertelur di terowongan bawah batu di dalam tangki yang disetting seperti sungai. (zafact)