Hiu Banteng

Hiu BantengHiu banteng juga dikenal dengan Hiu Zambezi atau Zambi di Afrika dan Hiu Nicaragua di Nicaragua, banyak ditemukan di perairan dangkal dan hangat sepanjang pantai, dan dikenal karena kelakuannya yang tidak dapat diprediksi, kadang-kadang agresif.

Mereka toleransi terhadap air tawar, hal ini sangat langka ditemukan pada hiu laut. Dengan ini mereka bisa pergi jauh menelusuri hulu sungai dan menyerang manusia jauh dari laut. Meskipun begitu mereka bukan hiu sungai (genus glyphis) sejati.

Klasifikasi ilmiah
Nama binomial: Carcharhinus leucas
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Chondrichthyes
Upakelas: Elasmobranchii
Ordo: Carcharhiniformes
Famili: Carcharhinidae
Genus: Carcharhinus
Spesies: C. leucas

Hiu Banteng bersifat sangat agresif dan biasanya hidup didaerah padat manusia di tepi-tepi pantai tropis. Hiu jenis ini bahkan tidak mempedulikan bahwa mereka masuk ke daerah air payau atau bahkan masuk ke sungai berair tawar.

Seekor Hiu Banteng bahkan pernah ditemukan ribuan mil jauh di dalam sungai Amazon, bahkan di Nikaragua pernah ditemukan Hiu Banteng yang berusaha masuk ke sebuah danau di daratan dengan melawan arus sungai seperti halnya seekor ikan salmon.

Karena sifat karakteristik tersebut, banyak ahli Hiu menyatakan hiu jenis ini termasuk Hiu yang paling berbahya di dunia. Hiu Banteng bersepupu dengan Hiu Putih dan Hiu Macan, 3 dari spesies hiu yang sering diberitakan menyerang manusia.

Makanan
Makanan hiu banteng bervariasi meliputi ikan, hiu lain, ikan pari, lumba-lumba, penyu, burung, kerang, echinodermata, udang-udangan, bahkan mammalia darat.

Reproduksi
Perkawinan terjadi biasanya pada musim panas. Setelah mengandung selama satu tahun, hiu banteng melahirkan hingga 13 anak (mereka vivipar). Anak mereka memiliki panjang kira-kira 70 cm saat dilahirkan dan menjadi dewasa setelah berumur 10 tahun.

Hiu Banteng mendapatkan namanya dari moncongnya yang pendek dan tumpul dan sifat mereka yang sering berkelahi dan ada kecenderungan untuk menanduk (menabrak) mangsa mereka sebelum menyerang seperti halnya banteng. Ukuran Hiu ini digolongkan ke dalam jenis Hiu berukuran medium, berbadan cukup gemuk dengan sirip yang cukup besar.

Warna tubuh mereka adalah abu-abu dibagian atas dan putih dibagian bawah, dimana ujung siripnya memiliki tanda berwarna hitam terutama untuk Hiu banteng yang masih muda.

Hiu ini sering ditemukan menjelajah daerah yang dangkal, daerah air yang hangat diseluruh lautan dunia. Bergerak cepat dan termasuk kedalam jenis predator yang cerdas. Mereka akan memakan apapun yang mereka bisa lihat, termasuk ikan, lumba-lumba, atau bahkan Hiu lainnya.

Saat ini Hiu Banteng tidak termasuk kedalam jenis Hiu yang terancam punah. Tetapi, bagaimanapun mereka sering ditangkap untuk dijadikan santapan manusia, diambil kulitnya, pembuatan minyak hiu yang mengakibatkan jumlah mereka terus menyusut. Satu penelitian mengatakan bahwa jumlah mereka semakin menurun dibandingkan dekade sebelumnya.

Masa hidup rata-rata: 16 tahun
Ukuran : 2.1 sampai 3.4 m
Berat: 90 sampai 230 kg
Perbandingan Hiu banteng dengan manusia 2m
Daerah berwarna biru dekat pantai merupakan habitat Hiu Banteng
Habitat hiu banteng

.

1 Response

  1. echa says:

    waktu itu pernah denger ada tragedi hiu banteng nyerang manusia, nama tragedinya hari hitam atau apa gitu, bisa muat artikelnya ga?