• -6.153636, 106.792756

Hiu Gergaji

Hiu Gergaji

Hiu Gergaji

Hiu gergaji biasa dikenal dengan nama Sawfish, atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Shark Carpenter. Penamaan tersebut berdasarkan ciri fisik dari ikan ini yang memiliki moncong seperti gergaji. Beberapa spesies dari ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai 7 meter.

Dalam Ilmu Pengklasifikasian, hiu gergaji ini termasuk ke dalam family Pristidae. Ikan Hiu gergaji ini memiliki beberapa spesies diantaranya ; Anoxypristis cuspidata (Knifetooth sawfish), Pristis clavata (Dwarf sawfish), Pristis microdon (Leichhardt’s sawfish), Pristis pectinata (Smalltooth sawfish), Pristis perotteti (Large-tooth sawfish), Pristis pristis (Common sawfish) dan Pristis zijsron (Longcomb sawfish).

Dari semua jenis ikan hiu gergaji yang ada, hanya jenis Pristis clavata (Dwarf sawfish) yang tidak memiliki bentuk yang panjang. Ikan jenis ini hanya bisa mencapai 1.4 meter saja. Dalam pembahasan kali ini kita hanya akan mengkhususkan pada ikan hiu gergaji jenis  Pristis microdon (Leichhardt’s sawfish). Di Indonesia, ikan ini dapat ditemukan di Danau Sentani, Papua.

Deskripsi

Penampilan ikan ini memang mengerikan terutama jika melihat moncongnya yang menyerupai gergaji dan tubuhnya yang lumayan besar. Makanan ikan ini hanya ikan-ikan yang berukuran sedang atau berbadan lebih kecil dan beberapa jenis krustasea. Dalam berburu mangsanya, ikan ini lebih mengandalkan penciumannya yang tajam dibanding dengan menggunakan mata.

Gigi-gigi gergajinya berjumlah antara 14-22 di setiap sisinya. Selain digunakan sebagai alat bantu mencari makan, gigi-gigi gergajinya juga digunakan sebagai alat perlindungan dari serangan musuh-musuhnya. Ikan hiu gergaji jenis Pristis microdon (Leichhardt’s sawfish) memiliki kecepatan berenang di atas rata-rata dibanding dengan ikan hiu gergaji sejenisnya, karena memiliki tubuh yang lebih ramping sehingga dapat dengan mudah bergerak dan mengejar mangsanya.

Tubuh hiu jenis ini berwarna hitam keabu-abuan. Bagian bawah tubuhnya berwarna lebih pucat atau keputih-putihan. Warna tubuhnya cukup beragam, tergantung di mana habitat mereka.

Distribusi dan Habitat

Selain bisa ditemukan di Danau Sentani, Papua ikan juga menyebar di Australia, India, Papua Nugini, Afrika Selatan dan Thailand. Ikan hiu gergaji  ini tergolong penghuni air tawar dan menyukai daerah tropis. Biasanya mereka hidup di danau-danau besar, sungai besar atau rawa-rawa tertentu. Di Indonesia ikan hiu gergaji terdapat di Sungai Digul, Sungai Mahakam (Kalimantan), Sungai Siak dan Sungai Sepih.

Perlindungan

Ikan ini mulai sulit dijumpai karena itu ia masuk dalam daftar merah IUCN, yakni daftar spesies yang dilindungi karena sudah terancam punah. Populasi ikan ini makin berkurang akibat semakin kecilnya habitat hidup mereka seiring makin bertambahnya populasi manusia. Di samping itu, mereka kerap diburu oleh para kolektor ikan secara tidak bertanggung jawab. Bahkan penduduk setempat masih sering menangkapnya karena dianggap sebagai predator ikan-ikan lain.

Klasifikasi

Klasifikasi di bawah ini adalah ikan hiu gergaji dari Genus Anoxypristis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(wikipedia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>