Hockeystick Pencilfish (Nannostomus eques)

Hockeystick Pencilfish (Nannostomus eques) jantan dewasa biasanya lebih berwarna dan lebih ramping dari ikan betina. Ikan ini suka sekali berenang dalam posisi kepala diatas, tubuhnya pun berwarna kecoklatan seperti stik hoki, sehingga ikan ini dijuluki Hockeystick Pencilfish. Ikan ini merupakan Famili dari Lebiasinidae (Characiformes). Ukuran ikan ini rata-rata sekitar 3,5 cm.

Distribusi & Habitat

Pertama kali dideskripsikan dari Tabatinga, hulu sungai Amazon di negara Peru dandi Três Fronteiras, negara bagian Amazonas, barat laut Brazil.  Kemudian, diketahui ikan ini tersebar luas di bagian hulu dan tengah sungai Amazon, di negara Brazil, Peru, Kolombia termasuk sungai Rio Tapajós, Trombetas, Madeira, Negro, Japurá, Içá, dan Putumayo, serta diketahui juga ikan ini terdapat di sungai Orinoco di Kolombia dan Venezuela serta sungai-sungai di Guyana termasuk sungai Essequibo dan Curuni. Mendiami sungai kecil, sungai lamban, dan rawa-rawa, terutama di daerah dimana terdapat rumpun tumbuhan yang rapat, kayu yang terendam, serta serasah daun. Sering juga mendiami hutan yang banjir dan danau dataran banjir di daerah blackwater.

Set-up Akuarium

Idealnya harus dipelihara dalam aquascape, sebaiknya dengan substrat gelap dan beberapa tanaman mengambang, ikan ini akan berkumpul di sekitarnya dengan posisi tubuh miring keatas. Potongan kayu (driftwood) dan serasah daun juga dapat ditambahkan untuk pembentukan mikroba yang berguna untuk proses dekomposisi. Mikroorganisme tersebut juga berguna sebagai sumber pakan sekunder untuk para burayak. Tanin dan bahan kimia lain yang dilepaskan oleh serasah diduga memberi efek yang menguntungkan.

Pakan

Pemakan zooplankton dan invertebrata kecil di alam. Di akuarium ikan ini dapat diberi pakan kering dengan ukuran yang cocok, namun pakan hidup dan beku harus tetap diberikan, seperti artemia, daphnia, bloodworm, dan sebagainya.

Kondisi air

pH:5-7,5 dan temperatur : 22-28 °C.  

Kompabilitas

Bersifat sangat pendamai namun agak kurang cocok dipelihara dalam akuarium komunitas karena ukurannya yang kecil dan bersifat agak pemalu. Bila ingin mencampurnya dengan ikan lain, peliharalah bersama ikan yang tidak jauh berbeda. Tankmates yang cocok antara lain tetra, corydoras, otocinclus, atau cichlid kecil seperti apistogramma. Hockeystick Pencilfish adalah ikan yang suka berkelompok, belilah dalam jumlah banyak, idealnya 10 ekor, namun 4-5 ekor sebenarnya sudah cukup. Hal ini berguna untuk menunjukkan perilaku alaminya. (uniquefishprofiles)