Hoogvinkarper

Hoogvinkarper (Poecilia velifera) adalah jenis ikan mas yang berada di wilayah dari Meksiko semenanjung Yucatan. Ikan tropis ini hidup terutama dalam air yang mengalir lambat. Spesies ini populer dalam perdagangan akuarium dan dikenal mudah untuk memeliharanya diakuarium.

Deskripsi

Hoogvinkarper mendapatkan namanya dari sirip punggungnya yang besar sampai ke ekor. Sirip punggung pada laki-laki sangat banyak tumbuh. Spesies menyerupai zeilvinkarper (Poecilia latipinna). Ekornya agak bulat dibandingkan dengan sirip lain. Hoogvinkarpers terjadi secara alami terutama pada warna mencolok, tapi dipasaran dalam berbagai bentuk dan warna dari berbagai mutan disajikan dengan warna putih-oranye-biru menjadi biru.

Pada ikan laki-laki yang dikenali oleh tinggi sirip punggung mereka dan gonopodium. Pada laki-laki, sirip dada menyatu ke dalam tabung berbentuk corong. Sebagian dari telur perempuan digunakan untuk memupuk beberapa cengkeraman. Perempuan lebih tenang dan sering ditemukan terbaik dalam satu warna. Mereka biasanya lebih besar dari laki-laki dengan panjang sekitar 16 dan 12 inci. Dalam akuarium binatang tetap lebih kecil dari mereka di alam. Hoogvinkarper memiliki mulut besar yang menghadap ke atas, yang dengan mudah dapat mengambil makanan di permukaan.

Akuarium

Semakin besar akuarium, semakin besar sirip punggung dapat tumbuh. Di alam terbuka pada umumnya jauh lebih besar daripada spesimen disimpan dalam akuarium. Cara terbaik adalah lebih banyak perempuan dan laki-laki lebih sedikit disimpan dalam akuarium. Hubungan baik dapat terjalin jika memiliki 6 perempuan dengan 3 laki-laki.  Pada laki-laki dikenal akan memerangi satu sama lain dan mereka melakukannya dengan sirip punggung besar saat menikam. Ikan ini dapat hidup berdampingan dengan baik dengan ikan lain dengan persyaratan perawatan yang sama seperti hoogvinkarper itu.

Makanan

Hoogvinkarper memiliki mulut yang mengarah ke atas. Dia memakan Cyclops (krustasea kecil), kutu air , larva nyamuk, copepoda, arthropoda kecil yang hidup di bawah permukaan. Juga binatang mengambang seperti lalat buah yang dimakan. Dalam akuarium, makanan, baik hidup dan beku yang ditawarkan. Seperti semua ikan mas gigi kecil juga merupakan hoogvinkarper pemakan alga yang baik.

Reproduksi dan Propagasi

Hoogvinkarper akan lahir dalam 8-11 minggu baru bisa menghasilkan anak vivipar.  Para Perempuan yang dibuahi oleh laki-laki gonopodim. Perempuan memiliki kemampuan untuk menyerap surplus tabungan benih.

Perempuan dapat menyimpan hingga 70 yang dapat tersebar di waktu-waktu tertentu dari hari ke minggu. Istilah ini menunjukkan bahwa anak perempuan vivipar mengungkapkan bahwa tidak lagi duduk di telur. Ini hanya separuh benar. Telur yang menetas dan perempuan tepat sebelum menetas itu adalah perempuan yang “melahirkan”. Telur yang ditekan satu per satu. Tapi bahwa mereka menyentuh tanah, anak itu dari mereka tipis seperti sarang labah-labah menetas dan berenang sangat cepat di vegetasi lebat. Mereka sangat rentan dan orang tua harus dijauhkan dari akuarium karena mereka bisa makan daging anaknya tersebut.

Anak itu segera menjadi besar setelah 3 bulan memiliki ukuran 3-4 cm. Ketika mereka cukup besar harus diajarkan untuk makanan hewan lainnya. Juga penting bahwa setidaknya 2 kali seminggu sekitar 20% dari air diubah sehingga tumbuh baik. Selain itu, seperti di akuarium filter yang baik sangat penting.