Hujeta Gar

Ikan Hujeta Gar berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, yaitu Rio Magdalena, Columbia.  Selain itu ikan ini juga bisa ditemukan di Panama dan Venezuela. Hujeta Gar memiliki nama latin Ctenolucius hujeta atau biasa dikenal dengan nama Barracuda air tawar. Ciri-ciri fisik ikan Hujeta Gar adalah bertubuh ramping memanjang dan memiliki moncong yang panjang, warna tubuh cokelat keemasan atau kebiruan (tergantung pencahayaan) dan bersirip transparan. Ekornya transparan, bercabang dan mempunyai bintik hitam pada pangkalnya.

Hujeta Gar merupakan ikan predator yang mempunyai rahang atas lebih sedikit panjang dibanding rahang bawahnya. Makanannya berupa ikan kecil, udang, remis dan cacing. Seperti kebiasan ikan predator, mereka tidak akan memangsa (mengabaikan) ikan yang ukurannya tidak mungkin untuk ditelannya. Oleh karena itu, jangan mencampur Hujeta gar dengan jenis ikan yang ukuran tubuhnya lebih kecil di dalam satu aquarium.

Dihabitat aslinya ikan ini memburu mangsanya secara berkelompok. Hujeta Gar merupakan pelompat yang pandai, dan menyukai setup aquarium dengan beberapa tanaman namun masih menyediakan ruang untuk berenang, walaupun ikan ini banyak menghabiskan waktunya di dekat permukaan air. Dalam aquarium, ikan ini membutuhkan sistem filtrasi yang baik untuk mensirkulasi kotoran yang dihasilkan.

Ukuran ikan betina dewasa lebih besar dan perutnya lebih bulat dibanding jantan, selain itu Hujeta Gar jantan memiliki sirip anal yang berjumpai sedangkan betina berbentuk rata. Breeding biasanya berlangsung pada suhu air 25 – 28°C. Untuk breeding biasanya dianjurkan untuk mencampur satu jantan dengan satu betina. Perkawinan dimulai dengan jantan yang akan memburu betina, Proses bertelur terjadi di sekitar permukaan air dan terjadi selama 3 jam.

Telur akan disebarkan ke permukaan air yang selanjutnya akan tenggelam dan menempel pada tanaman dan bebatuan. Jumlah telur yang dihasilkan bisa mencapai lebih dari seribu butir. Untuk anak ikan Hujeta Gar bisa diberi makan artemia, rotifers dan kutu air. Setelah satu minggu dapat diberi makan dengan ukuran yang lebih besar. Huteja Gar muda perlu diberi makan beberapa kali dalam sehari, hal ini untuk mencegah terjadinya kanibalisme diantara mereka.

Klasifikasi ikan Hujeta Gar

(berbagai sumber)