Humpback Pufferfish

Humpback Pufferfish (Tetraodon palembangensis) atau King kong pufferfish merupakan jenis puffer air tawar terbesar ketiga setelah Tetraodon mbu dan Tetraodon lineatus, dan berasal dari beberapa wilayah di Asia tenggara seperti Thailand, Malaysia, Laos dan Indonesia. Humpback Pufferfish dapat tumbuh hingga mencapai 8 inci panjangnya.

Humpback Pufferfish ini sering bersembunyi dan sangat jarang bergerak atau malas bergerak, biasanya bergerak hanya untuk mencari atau menangkap  makanan, sehingga setting banyak tanaman dan bebatuan berongga sangat cocok untuk ikan ini.

Ikan ini bersifat karnivora dan biasanya memakan cacing, ikan yang lebih kecil, udang, keong dan kepiting. Seperti puffer lainnya, Humpback Pufferfish juga mempunyai gigi yang terus tumbuh memanjang dan akan menjadi masalah bagi ikan jika tidak dijaga (dihambat). Solusi untuk mengatasi hal tersebut mungkin ialah dengan pemberian makanan keras seperti keong dan kepiting secara berkala.

TAKSONOMI
Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Class Actinopterygii
Order Tetraodontiformes
Family Tetraodontidae
Genus Tetraodon
Species Tetraodon palembangensi

Seperti puffer lainnya, Humpback Pufferfish dapat memompa perutnya yang elastis dengan air atau udara yang menjadikan tubuhnya mengembang 2 sampai 3 kali tubunya jika merasa terancam. Hidup pada air dengan kondisi pH 6,9 – 7,5 dan temperatur  24 – 27 °C.

Teknik breeding Tetraodon palembangensis masih jarang dilakukan di skala aquarium, telur akan diletakkan di dalam rongga dan pejantan akan menjaga telur sampai menetas. Banyak bagian tubuh puffer yang mengandung racun mematikan neurotoxin tetrodoxin,yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian. (zafact)