Ikan Ayam-Ayam

Di Indonesia dikenal dengan nama Ikan Ayam-ayam, tetapi ikan ini juga mempunyai nama lain (English) yaitu Leather Jacket. Pada umumnya ikan ini memiliki panjang 40 cm dan dapat mencapai panjang maksimum 60 cm. Duri punggung (total keseluruhan) : 3, duri punggung lunak (total keseluruhan) 25-27, siripanal lunak 24-26. sirip dada (pectoral fin) diperbesar dari ukuran dasar dan tepat di belakang celah insang (gill slits) untuk membentuk timpanum fleksibel. Memiliki sisik yang cenderung berukuran besar pada bagian atas sirip pectoral dan pada bagian posterior ditemukan keel.

Klasifikasi dari Ikan Ayam-Ayam (Abalistes stellaris) adalah sebagai berikut:
kingdom : animalia
phyllum  : chordata
class      : actinopterygii
ordo      : tetraodontiformes
family     : balistidae
genus     : Abalistes
spesies   : Abalistes stellaris

Habitat ikan ini adalah di sekitar terumbu karang, dasar pasir atau di sekitar sponge/alga. Pemanfaatan pasca panen ikan ini adalah dijual secara segar di pasar atau berupa ikan yang telah kering atau diasinkan.

Penyebaran ikan ini adalah di perairan Indo-Pasifik barat yaitu di laut merah serta di bagian timur Afrika sampai AsiaTenggara. Selain itu ikan ayam-ayam berada di utara Jepang, utara sampain selatan negara Australia dan pada wilayah timur Atlantik khususnya dari Saint Helena sampai pantai Afrika Selatan. (berbagai sumber)