Ikan baji-baji

Ikan baji-baji hidup menyendiri atau membentuk gerombolan kecil, dapat mencapai panjang 60 cm, umumnya 40 cm. Tergolong ikan pelagis kecil, tetapi hidupnya cenderung di dasar. Penangkapan dengan trawl, bubu, dipasarkan dalam bentuk segar, harga sedang.

Daerah penyebaran : perairan pantai seluruh Indonesia, Teluk Benggala, Teluk Siam, sepanjang pantai Laut Cina Selatan, Philipinna,
perairan Australia.

Ikan baji-baji mempakan hasil tangkapan sampingan di perairan Mayangan, Subang, Jawa Barat. Walaupun pemanfaatan terhadap ikan ini masih sangat terbatas namun tersimpan potensi sebagai altematif bahan pangan.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Scorpaeniformes
Family: Platycephalidae
Genus: Platycephalus
Species: P. indicus
Binomial name
Platycephalus indicus
(Linnaeus, 1758)

Ikan baji-baji (famili Platycephalidae) ini merupakan ikan yang mempunyai potensi sebagai alternatif bahan pangan. Ikan ini merupakan salah satu bahan pangan yang cukup penting bagi penduduk Kepulauan Indo-Australia dan Australia.

Ikan ini ternyata bersifat hermafrodit pada Ikan baji-baji telah dikemukakan oleh beberapa peneliti. Perubahan kelamin dari ikan jantan pada ukuran kecil menjadi ikan betina berukuran besar dilakukan oleh ikan dengan tujuan untuk meningkatkan fekunditas populasi.

Demikian pula pada ikan baji-baji, walaupun terdapat individu betina berukuran kecil bahkan beberapa telah matang gonad, pada ukuran kecil, perubahan kelamin tetap dilakukan oleh sebagian anggota populasinya.