Ikan Balar/ Lalawak

Ikan Lalawak atau biasa disebut juga dengan ikan Balar merupakan ikan air tawar yang hidup di sungai yang berarus cukup deras dan landai. Karakteristik dari Balar juga sama dengan ikan-ikan arus deras lainya, yaitu agresif dalam pergerakannya itu dikarenakan kondisi arus sungai yang deras.

Ada juga yang menyebut dengan istilah Ceceperan. Jenis ikan ini mirip dengan ikan Tawes yang biasa dibudidayakan di kolam. Tapi yang menjadi pembedanya yaitu dari warna ujung siripnya. Ujung sirip Tawes berwarna hitam sedangkan Balar berwarna kemerah-merahan atau ada juga yang berwarna kekuning-kuningan. Ukuran berat maksimal dewasa bisa mencapai 1 kg, panjang 25 cm.

Morfologi
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Subphylum: Vertebrata
Class: Pisces
Ordo: Cypriniformes
Subordo: Cyprinoidei
Family: Cyprinidae
Genus: Barbodes
Species: Barbodes spp

Genus Barbodes mempunyai ciri-ciri morfologi mulut kecil, terminal atau subterminal, celahnya tidak memanjang melebihi garis vertical yang melalui pinggiran depan mata, mempunyai bibir halus berpapila atau tidak tetapi tanpa lipatan, bibir bagian atas terpisah dari moncongnya oleh suatu lekukan yang jelas, pangkal bibir atas tertutup oleh lipatan kulit moncong, pada ujung rahang bawah tidak ada tonjolan. Bagian perut di depan sirip perut datar atau membulat tidak memipih menbentuk geligir tajam, jika terdapat geligir hanya di bagian belakang sirip perut. Gurat sisi sempurna, tidak ada pori tambahan pada sisik sepanjang gurat sisi.

Terdapat 7 – 10 ½ jari-jari bercabang pada sirip punggung, jari-jari terakhir sirip punggung lemah atau keras tapi tidak bergerigi, tidak ada duri mendatar di depan sirip punggung, 5 – 8 ½ jari-jari bercabang pada sirip dubur.

Warna badan ikan lalawak benwarna perak kehijauan, sebagian mata berwarna merah. Sirip punggung dan sirip ekor berwarna abu-abu sampai kehitaman. Sirip dada berwarna kuning pucat sampai kuning terang. Bedanya, sirip lalawak berwarna merah, demikian halnya mata dan ekornya. Ukuran sisik lebih kecil dibanding tawes dan berwarna cerah. Itulah sebabnya lalawak bisa dipelihara sebagai ikan hias.

Bisa juga sebagai ikan lauk. Lalawak memiliki daging yang gurih. Bobot seekornya pun bisa 1 kg atau lebih. Lalawak adalah ikan air tawar. Sungai berarus deras dan berbatu-batu adalah habitat paling nyaman bagi mereka. Lalawak tidak sepopuler ikan lauk maupun ikan hias lainnya walaupun rasa, wujud, dan bobotnya berpotensi pasar.

(Berbagai Sumber)