Ikan Batik

Indonesia merupakan negara yang patut dibanggakan kekayaan hayatinya. Sampai-sampai di negeri ini ditemukan ikan yang memiliki motif badan seperti lukisan batik. Kalau Anda penasaran, kunjungi saja perairan Ambon di Maluku. Di sana ada sebuah spesies ikan yang mendapat julukan sebagai Ikan Batik. Ikan unik ini bentuk tubuhnya bulat seperti kodok dan memiliki motif lurik seperti batik di sekujur tubuhnya. Hasil tes DNA menyatakan bahwa Ikan Batik ini berbeda dengan semua jenis ikan yang ada.

Jika ikan yang biasa kita temui memiliki dua mata yang terletak di samping kepala. Berbeda dengan ikan ini, bentuk wajahnya bulat dan sepasang matanya terletak di depan wajah, selayaknya manusia. Mulutnya pun lebar, terlihat seperti orang yang sedang tersenyum. Ikan Batik ini ditemukan tahun 2008 oleh seorang operator wisata setahun lalu di perairan dangkal sekitar Pulau Ambon. Penemuan tersebut langsung dilaporkan kepada Ted Petsch, pakar ikan dari Universitas Washington untuk dipelajari.

Memang struktur tubuhnya mirip dengan ikan kodok lainnya, tapi tingkah laku Ikan Batik tidak ditemukan pada ikan manapun, ia terlihat sesekali memantulkan diri di dasar laut seperti sebuah bola karet yang bergerak tak beraturan. Ikan Batik kemudian diberi spesies psychedelica sesuai gambaran penampilan dan perilakunya. Ikan tersebut masuk dalam genus Histiophryne sehingga nama ilmiahnya Histiophryne psychedelica.

Ikan Batik masih memiliki beberapa keunikan lainnya. Tubuhnya yang sebesar kepalan tangan orang dewasa dengan kulit luarnya mampu menghadapi berbagai bentuk gesekan. Pasalnya, teksturnya keras dan berlipat. Memang secara fisik seperti ikan kodok, bedanya dia punya karakter sifat yang tidak sama dengan kebiasaan dari tingkah laku ikan lain. Kadang dia pun berlaku seperti bola karet yang memantulkan diri dari satu tempat ke tempat lain.

Berbagai Sumber.