Ikan Blue Devil

Ikan hias air laut Blue devil yang dikenal dengan nama latin Chrysiptera Cyanea juga dikenal sebagai Damselfish Blue. Jenis Ikan ini dikenal sangat agresif dan mempunyai daya tahan yang kuat. Ukuran tubuh ikan ini bisa mencapai 7 cm, untuk ikan dewasa. Ikan hias air laut Blue devil merupakan ikan hias air laut yang sangat digemari oleh masyarakat.

Hal ini dikarenakan warna ikan sangat menarik, sehingga kelihatan begitu cantik, walaupun ikan ini agresif dan termasuk ikan rakus serta tahan terhadap perubahan lingkungan dan harganya relatif terjangkau. Ikan ini biasanya dijadikan sebagai ikan pemula dalam pemeliharaan diaquarium air laut.

Di Amerika ikan ini, merupakan ikan hias yang terlaris. Bentuk badan ikan Blue devil ini adalah langsing, dan badannya hampir mirip badan seekor ikan mujair. Seluruh tubuh ikan ini berwarna dominan biru cerah, kadang-kadang ada warna titik-titik putih. Pada ujung sirip punggung biasanya terdapat titik berwarna hitam letaknya dipangkal siripnya.

Ciri-ciri induk jantan yaitu ukuran tubuh yang lebih besar dari induk betina berukuran  7- 8 cm dan dibagian ekor terdapat warna kuning yang menambah keindahan warna ikan Blue Devil. Sedangkan induk betina berukuran lebih kecil dengan ukuran berkisar 6 – 7 cm dan terdapat bercak hitam di bagian atas sirip.

Klasifikasi  ikan Blue Devil adalah sebagai berikut :

Phyllum  : Chordata
Class          : Actinopterygii
Ordo          : Perciformes
Famili       : Pomacentridae
Subfamili : Pomacentrinae
Genus        : Chrysiptera
Species      : Chrysiptera cyanea

Pada ikan blue devil ini salah satu keunikannya adalah dapat merubah warnanya dalam waktu seketika, hal ini terjadi disaat ikan ini merasa terancam, seringkali ikan ini terlihat berenang dengan cepat mengejar makanan atau hanya bermain-main dengan kawanannya. Walaupun gerakannya sangat gesit, umumnya ikan ini jarang sekali mengganggu ikan-ikan lain,. kecuali ada yang mendekati sarangnya.

Habitat dan Penyebaran ikan Blue devil dapat ditemui di hampir semua daerah berkarang dan berpasir, perbedaan jantan dan betina dapat dilihat dari postur tubuh, warna dan ukuran. Jantan kelihatan memanjang, bagian sirip ekor dan dada berwarna orange dan ukurannya lebih besar sedangkan betina kelihatan pendek dan agak bulat, bagian sirip ekor dan dada teransparan dan lebih kecil.

1 Response

  1. Ainul Waheda says:

    Saya suka banyak jenis ikan.Yang saya paling suka Ikan Blue Devil…(>_<)(^_^)…i love fish….