Ikan Cendro

Cendro terkenal dengan Nama Internasional Needle fishes dan mempunyai Nama Latin Tylosurus spp. Daerah Sebar Tersebar dikawasan tropik pada pesisir dan laut lepas dan pada musim tertentu melakukan migrasi kedaerah estuaria

Deskripsi Ordo Synentognathi, Famili Belonidae, Genus : Tylosurus. Badan sangat panjang, gilik. Kedua rahang tumbuh sangat panjang, menyerupai paruh. Sering dijumpai hampir di tepian karang atau seputaran dermaga (pulau).

Hidup di lapisan permukaan menyendiri, ukuran ikan ini dapat mencapai panjang 100 cm dan yang umum tertangkap 60-70 cm. Tergolong ikan pelagis, penangkapan dengan pancing layang-layang, jaring insang hanyut, dipasarkan dalam bentuk segar dengan harga sedang. Daerah penyebaran: sepanjang pantai perairan yang berbatasan laut dalam terutama perairan Indonesia bagian timur, selatan Jawa, barat Sumatera, dan Selat Sunda, berbahaya karena sering menyarang bagian tubuh manusia.

Pada kedua rahangnya terdapat gigi-gigi taring, lancip-lancip, mengarah ke belakang. Garis rusuk bersisik 195-200. Sirip punggung berjari-jari lemah 22-23, sedang sirip duburnya 19-21. Termasuk ikan buas, predator, makanannya ikan kecil, hidup di lapisan permukaan menyendiri, solitaire. Dapat mencapai panjang 100 cm. Warna biru kehijauan bagian atas, putih bagian bawah, dengan garis putih perak ditengah-tengahnya.

Bagian atas sirip punggung gelap dengan sedikit kekuningan pada bagian bawahnya demikian pula ujung sirip ekor dan sirip dada. Pada ikan yang baru saja mati terdapat bintik-bintik hitam pada bagian tengah badan membujur ke belakang sampai badan ekor.

Trik mancing ikan cendro ikan cendro ini mirip sekali dengan ikan alu-alu cuma ukurannya kecil dan bermoncong panjang ikan cendro ini biasa bermain diatas permukaan air laut, ikan jenis ini suka sekali mengoda para pemancing karena suka berenang dipermukaan dekat dengan pemancing. Warnanya yang hijau dan panjang serta gerakkannya yang gesit bikin geregetan.

Disekitar tanjung kait dan pulau cangkir masih banyak ikan jenis ini, disana masih banyak nelayan yang khusus mancing ikan cendro karna perlu tehnik tersendiri dan tergolong unik karena mengunakan layang layang kecil. Ikan ini tidak langsung menelan umpan yang dipasang dia akan membawa jauh dari gerombolannya. Anda bisa ulur kenurnya terus sampe ikan cendro menelan umpannya, setelah itu baru deh kita bisa strike. (berbagai sumber)

2 Responses

  1. Taufik says:

    He he ane diledekin ma ikan ni, emang bikin gregetan banget tuh ikan pake acara nongol Deket perahu lagi , by the way nice info

  2. sie king liang says:

    Mantab mas broooo…..ikan Cendronya…..strike……..