Ikan Depik

Ikan Depik (Rasbora Leptosoma) yaitu type ikan yang habitatnya cuma ada di Danau Laut Tawar Takengon, Kab. Aceh Tengah, Aceh Indonesia. Kehadiran ikan Depik sama tuanya dengan kehadiran orang-orang Gayo di Aceh Tengah itu sendiri. Menurut legenda lokal, ikan depik datang dari nasi yang dibuang ke danau di daerah Bur Kelieten, lalu berkembang serta jadi ikan khas daerah Gayo ini sampai saat ini.

Ada juga ikan yang mirip Depik di Danau Laut Tawar, yakni ikan Eas (Resbora Argyrotaenia) serta ikan Relo (Resbora Tawarensis). Dua type ikan serupa ikan depik, namun ada banyak perbedaan kontur fisik. Pada ikan Depik di bagian badannya lebih lunak dibanding dua type ikan itu. Mata ikan depik juga lebih kecil dibanding mata ikan eas serta relo.

Umumnya pada saat pertengahan tahun, yakni sekitar bulan Agustus sampai diakhir tahun, beberapa nelayan tampak repot menangkap ikan Depik di tepi Danau Laut Tawar. Apabila musim panen ikan Depik tiba, berlangsung pergantian iklim, yakni angin yang berhembus jadi tidak sama, agak lebih dingin. Kadang-kadang dibarengi hujan atau gerimis-gerimis kecil.

Menurut perkiraan beberapa nelayan ikan Depik hal semacam itu mengisyaratkan musim panen ikan depik sudah tiba. Nelayan juga tampak repot mempersiapkan jaring untuk menjaring ikan Depik itu. Sesudah beberapa nelayan menjaring ikan Depik, umumnya di saat subuh beberapa agen atau penyalur ikan Depik mendatangi tempat beberapa nelayan ikan Depik untuk lakukan transaksi jual beli. Sesudah berlangsung transaksi, ikan Depik itu ke pasar ikan serta menjualnya kembali pada beberapa penjual ikan dipasar tradisional.

Langkah pembelian ikan Depik ini mempunyai takaran atau timbangan spesifik, bukan hanya dalam wujud kilogram, walau demikian dalam wujud “katok” serta “bambu”. Umumnya untuk takaran 1 (satu) “katok” kecil memiliki ukuran 250 gram serta untuk ukuran 1 (satu) “bambu” memiliki ukuran seputar 1 (satu) kilogram. Untuk penjualan ikan Depik ini terdiri dari Dua) wujud, yakni ikan Depik basah, yakni ikan Depik yang sudah di panen, serta ikan Depik kering yakni ikan depik yang dijemur, walau demikian tidak sama dengan ikan asin biasanya. Ikan depik ini cuma dijemur. (aquariumhias)