Ikan Ebek

ikan-ebek1Ikan kuwe rambe atau yang sering dikenal dengan nama ikan ebek banyak dijumpai di daerah Jawa Timur seperti Pasir Putih, Situbondo dan Probolinggo. Ikan kuwe rambe model siripnya yang panjang bak rambut gadis yang dikucir membuat ikan ini memiliki pesona yang menawan. Konon cerita rambutnya bisa ngejabrik sehingga  seolah-olah ikan kuwe rambe kecil terkesan menjadi besar. Upaya ngejabrikin rambutnya ini adalah naluri alamiah untuk menyelamatkan diri dari predator besar.

Ebek berwarna perak ini adalah spesies yang mampu memberi pertarungan yang mengasyikkan selain mempunyai isi yang lazat dan sentiasa menjadi target para pemancing. Ebek/rambai/cermin atau nama komersial Diamond Trevally adalah spesies penghijrah yang boleh didapati sekitar Asia yaitu di Indonesia, Malaysia, Jepun, Australia dan China mulai pantai hingga tengah laut.

Spesies ini bersifat pemangsa, bisa dipancing sekitar laut dengan kedalaman 20m (meter) hingga 100m di mana anak ikan bergerak dalam kumpulan manakala ikan dewasa bergerak secara sendiri. Ciri-ciri ebek yaitu mempunyai bentuk badan segi empat memanjang. Badan berwarna putih perak serta kuning jernih dan berbintik kelabu di bagian ekor badan. Sirip dorsal atas, bawah dan tepi memanjang dan mempunyai ekor berbentuk `Y’.

Makanan spesies ini seperti ikan kecil, sotong, udang, kerang, dan obor-obor yang kebiasaannya banyak di persisiran laut. Cara memancing ikan ini menggunakan umpan anak ikan kembung atau udang hidup secara kaedah apollo atau dasar. Ebek boleh juga dipancing menggunakan teknik mengunjun besi jig di sekitar unjam.

Ikan kuwe rambe memiliki  nama keren  threadfish India atau Africa Pompano  dengan nama latin Alectis indicus, merupakan ikan dari keluarga jack, Carangidae. Entah siapa yang memberi nama ikan threadfish india, mungkin bentuknya memang seperti rambut seorang Indian. Kalau di Malaysia namanya kedengaran lucu yaitu ikan ebek, mungkin dulu orang sana melihat ikan  ini seperti bebek maka dipanggillah ikan ini dengan ebek. Namun banyaknya media negeri jiran yang membanjiri daerah kita maka nama ikan ebek melejit dan melebihi nama lokal yakni kuwe rambe.

Spesies ini tersebar luas di perairan tropis Indo-Pasifik Barat Samudra, mulai dari Afrika timur ke India, Asia, Indonesia dan Australia. Ikan kuwe rambe mirip dengan dua spesies lain  dalam genus Alectis, dengan sedikit cekung dalam profil dari kepala yang paling jelas membedakan fitur yaitu nonong alias jendol. Besarnya dan pertumbuhan ikan kuwe rambe kira-kira 150 cm  bisa mencapai panjang 165 cm dengan bobot mencapai 25 kg. Ikan kuwe rambe paling doyan makan ikan-ikan kecil, cumi-cumi dan krustasea.