Ikan Frankenstein

Sekilas, ikan ini serupa ikas mas koki. Tapi, setelah dilihat seksama bagian-bagian tubuhnya mirip ikan yang berbeda-beda. Ikan dengan warna cokelat keemasan tersebut sekilas mirip ikan mas air tawar biasa, namun bentuk kepala yang tidak biasa dan ekor yang lebar.

Bagian kepala mirip ikan roach yang sering ditemui di perairan Inggris. Body dan ekor mirip ikan mas koki. Sirip depan serupa ikan air tawar. Inilah yang membuat ikan misterius ini dijuluki “ikan Frankenstein”, seperti kisah fiksi ilmuwan yang membuat monster dengan meggabungkan organ manusia.

Para pakar yang sudah melihat “ikan Frankenstein” ini setuju makhluk ini mirip beberapa spesies. Ikan ini berbobot ringan di bawah 1 kg. Binatang aneh ini dipancing di Cambridge, Inggris awal bulan ini.

Kepalanya mirip seperti roach, tapi bibirnya berbeda. Badannya seperti ikan mas koki normal. Tapi, sirip analnya mengingatkan pada ikan air tawar. Ekornya seperti ekor kipas mas koki.

Pakar ekologi perikanan, Dr. Paul Garner mengatakan, “Kepalanya lebih mirip mas. Tapi, bagian ujung belakang dan sirip ekor kipas yang lebih panjang seperti ekor ikan mas koki. Ikan mas koki dan ikan mas dari keluarga yang sama. Tetap aneh gabungan ini ada pada satu ikan.”

“Ikan mas ekor lebar tidak berasal dari negara ini dan tidak ada di danau atau tempat pemancingan di sini. Ini artinya keturunan ikan ini dilepas di tempat bebas yang sebelumnya dipelihara di kolam sebagai peliharaan. Ikan tersebut lalu dikawinkan dengan ikan biasa dan menghasilkan ikan temuan Sawyer,” terang Dr. Garner.