Ikan Hias Niasa

Psedatropheus auratus Bonlenger atau nama Inggris Auratus. Di DKI jakarta lebih dikenal dengan nama Niasa jenis ikan ini mempunyai tubuh memanjang agak datar, warna dasar kuning keemasan cerah atau hitam pekat. Ikan Niasa sangat agresif gerakannya sehingga harus hati-hati kalau akan dicampur dengan jenis ikan lain.

Ikan Niassa adalah ikan hias air tawar yang berasal dari Danau Malawi, Afrika. Ikan Niassa dewasa merupakan ikan carnivora yang mampu memakan daging. Makanannya seperti artemia, zooplankton dan udang rebon. Ikan ini hidup dan berkembang biak di wilayah perairan beriklim sedang dengan temperature antara 25-30C. Ikan Niassa mudah dipijahkan karena ikan ini bersifat menyimpan telur dan anaknya didalam mulut (mouthbreder) sehingga tanpa adanya sarang, pemijahan pun dapat berlangsung, ikan ini selalu memijah sepanjang tahun dan mudah dibudidayakan. Di wilayah beriklim panas, ikan Niassa dapat hidup di perairan sampai suhu 360C

Klasifikasi

Menurut Saanin (1984) ikan Niassa ( Melanochromis auratus ) diklasifikasikan sebagai berikut :

Filum : Chordata

Sub filum : Vertebrata

Kelas : Pises

Ordo : Percormophi

Sub ordo : Percoidea

Famili : Chiclidae

Genus : Melanochromis

Species : Melanochromis auratus

Morfologi

Ikan Niassa memiliki postur tubuh memanjang agak datar. Sirip di punggungnya memanjang, dengan ekor yang berbentuk membulat. Ikan niassa ini memiliki warna dasar kuning cerah, tetapi ada pula yang berwarna hitam pekat. Ikan ini terlihat cantik karena adanya garis kuning yang melintang horizontal yang berpangkal dari kepala sampai sirip ekor. Ada garis yang berwarna hitam yang diikuti dengan garis putih itu persis di tengah tubuh, lalu di punggung tapi ada pula di sirip

Lingkungan Hidup

Bagi biota air, terutama ikan, air berfungsi sebagai media baik media internal maupun media eksternal. Sebagai media internal, air berfungsi sebagai bahan baku reaksi dalam tubuh, pengangkut bahan makanan ke seluruh tubuh, Pengangkut sisa metabolisme yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh, dan mengatur dan menyangga suhun tubuh. Sementara sebagai media eksternal air berfungsi sebagai habutatnya. Oleh karena peran air sangat penting bagi kehidupan biota air maka kualitas dan kuantitasnya pun harus dijaga sesuai kebutuhan ikan. Kwalitas air yang diperlukan untuk hidup dan berkembang ikan Niasa yaitu pH = 7, temperatur 24 – 27 C. Pemeliharaan dapat dilakukan didalam bak semen atau aquarium. Ketinggian air yang diperlukan untuk pemijahan sekitar 30 – 35 cm. Ikan Niasa sudah dapat memijahkan dalam umur 7 bulan dengan ukuran panjang tubuh : 7 cm. Induk jantan dan betina dapat dibedakan dari totol kuning sirip anusnya. Ikan jantan biasanya memiliki totol-totol, sementara si betina tidak.

Kebiasaan Makan

Ikan Niassa adalah ikan carnivora yaitu ikan pemakan daging. Ikan Niassa diberi makan untuk pertumbuhan memelihara sistem kekebalan tubuhnya. Untuk pemeliharaan larva dapat diberi makan kutu air, artemia dan cacing sutera atau cacing rambut. Sementara induknya diberi pakan udang kecil atau rebon untuk memelihara kualitas telurnya. (zonaikan)